Pixel Code jatimnow.com

Unesa Siapkan Beasiswa S1 Bagi Firza, Peraih Emas di ASEAN Para Games 2022

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Farizal Tito
Firza Faturahman Listianto, peraih emas cabor atletik kelas 46 pada ASEAN Para Games 2022 yang akan diberi beasiswa S1 oleh Unesa (Foto: Humas Unesa/jatimnow.com)
Firza Faturahman Listianto, peraih emas cabor atletik kelas 46 pada ASEAN Para Games 2022 yang akan diberi beasiswa S1 oleh Unesa (Foto: Humas Unesa/jatimnow.com)

Surabaya - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) akan memberikan beasiswa S-1 untuk Firza Faturahman Listianto, peraih emas cabang olahraga (cabor) atletik kelas 46 pada ASEAN Para Games 2022.

Atlet asal Jawa Timur itu berhasil mempersembahkan emas setelah mengalahkan atlet negara lain pada Senin, 1 Agustus 2022 lalu.

Menurut Rektor Unesa Prof Nurhasan, pemberian apresiasi kepada Firza berupa beasiswa kuliah gratis S-1 sampai lulus itu merupakan wujud komitmen kampusnya dalam memajukan olahraga Indonesia.

"Selain itu, juga merupakan wujud komitmen sebagai kampus yang ramah disabilitas dan sisi lainnya sebagai komitmen dalam meningkatkan prestasi olahraga pada kancah internasional," ungkap Nurhasan, Rabu (3/8/2022).

"Unesa memberikan apresiasi tanpa sekat dan memberikan akses, kesempatan yang sama bagi semua anak negeri untuk berpendidikan dan berprestasi," tegasnya.

Sementara Humas National Paralympic Committee Indonesia (NPCI), Dwi Cahyo Kartiko mengatakan bahwa penambahan medali itu memperkuat posisi kontingen Indonesia di puncak klasemen.

Baca juga:
Puti Guntur Soekarno Sukses Bawa Beasiswa PIP untuk Ribuan Warga Surabaya

Selain itu, yang menggembirakan, Firza merupakan atlet asli Surabaya yang tidak diunggulkan untuk meraih medali, karena tidak termasuk elit atlet.

"Firza tidak ada di lintasan terbaik atau berada di lintasan delapan. Namun dia tiba-tiba muncul di garis terdepan dan menjadi juara," ujarnya.

Atlet kelahiran Keputih, 21 Mei 2004 itu duduk di bangku kelas XII SMA. Sebelumnya ia juga sudah berkali-kali meraih medali di berbagai kompetisi olahraga. Pada Pekan Paralympic Pelajar Nasional 2019, ia meraih tiga medali emas.

Baca juga:
UM Surabaya Berikan Beasiswa untuk Bonek Disasters Respons Team

"Kemudian menyabet perunggu cabor atletik nomor lari 200 meter pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2021. Lalu mendapat medali perak di Dubai," beber dia.

Diketahui, ASEAN Para Games ke-11 mulai bergulir pada Sabtu, 30 Juli hingga Sabtu, 6 Agustus 2022 di Solo. Ada 11 negara yang menjadi peserta dalam kompetisi tersebut.

Dilansir dari laman resmi ASEAN Para Games, hingga pukul 14.00 WIB, kontingen Indonesia masih memuncaki klasemen perolehan medali. Total ada 43 keping medali yang berhasil dikumpulkan, yaitu 16 emas, 15 perak dan 12 perunggu.