Pixel Code jatimnow.com

Halo Arek-arek Suroboyo! Ini Rangkaian Acara HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Kotamu

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Ni'am Kurniawan
Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Surabaya, M Fikser dan Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga, Pariwisata Wiwiek Widayati (Foto: Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)  
Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Surabaya, M Fikser dan Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga, Pariwisata Wiwiek Widayati (Foto: Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)  

Surabaya - Pemkot Surabaya menggelar rangkaian kegiatan untuk pemperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI. Mulai dari pembagian bendera merah putih sebanyak 13.884, berbagai perlombaan hingga upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Surabaya, M Fikser mengungkapkan, puncak perayaan kemerdekaan akan digelar di Taman Surya dengan upacara detik-detik kemerdekaan.

"Di Pemkot Surabaya nanti pelaksanaanya lebih awal. Jam 7 pagi, di sana kita melibatkan dari TNI/Polri, OPD, terus sekolah, ormas dan tokoh masyarakat dan beberapa undangan lainnya," terang Fikser, Selasa (9/8/2022).

Sedangkan di tanggal 14 Agustus, pemkot bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian juga akan membagikan 14.000 bendera merah putih kepada warga Surabaya. Namun sebelumnya, pada 10 Agustus akan didahului Wali Kota Eri Cahyadi yang akan door to door ke rumah warga.

"Tanggal 14 itu ada pembagian bendera oleh Mendagri 14.000, termasuk walikota akan door to door membagikan bendera tanggal 10 Agustus," tambah Fikser.

Lalu, pada 15 Agustus 2022, pemkot akan memutar film tentang biografi Proklamator RI Bung Karno yang dibintangi Wali Kota Eri. Berlanjut pada 17 Agustus, pascaupacara sentra UMKM di kawasan Ketintang, Surabaya akan diresmikan.

"15 Agustus nonton film Kusno tentang Bung Karno di Balai Pemuda," sambung dia.

Baca juga:
Bendera Raksasa dan Festival Egrang Semarakkan HUT ke-77 RI di Kota Batu

Untuk lebih dekat dengan warga, pemkot juga mengadakan lomba agustusan yang bisa dimerahkan oleh warga. Di antaranya lomba panjat pinang, tarik tambang, hingga lomba perahu layar, di kawasan Kenjeran Lama Surabaya.

"Panjat pinang untuk umum, lomba perahu layar, terus ada lomba antar OPD tapi didekatkan ke masyarakat yaitu lomba pukul bantal," jelas Fikser.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga, Pariwisata Kota Surabaya, Wiwiek Widayati mengatakan, bulan Agustus ini pihaknya juga akan membuka beberapa tempat wisata baru di Kota Pahlawan.

Di antaranya penambahan armada perahu wisata Sungai Kalimas, serta pembukaan wisata kota tua di Kelurahan Nyamplungan, Kecamatan Pabean Cantikan.

Baca juga:
Video: NasDem Jatim Gelar Jalan Sehat Berhadiah Sapi Sumber

"Kawasan Pecinan Kembang Jepun dan Jalan Karet, barat adalah eropa, pecinan adalah timur tengah, ini akan menjadi aktivitas wisata kepada turis domestik ataupun internasional," papar Wiwiek.