Pixel Code jatimnow.com

Inovasi Siswi di Gresik, Teliti Biji Nangka Jadi Bahan Baku Tempe

Editor : Arina Pramudita Reporter : Sahlul Fahmi
Putri Karunia Ramadhani, siswi peneliti biji nangka sebagai bahan baku tempe. (Foto: Dok SMA Al-Azhar, Gresik/jatimnow.com)
Putri Karunia Ramadhani, siswi peneliti biji nangka sebagai bahan baku tempe. (Foto: Dok SMA Al-Azhar, Gresik/jatimnow.com)

Gresik - Inovasinya mengolah biji nangka menjadi tempe, mengantar Putri Karunia Ramadhani menyabet juara 2 Bioprocess Essay Competition 2022 yang digelar Fakultas Teknik Institut Teknologi Del.

Siswi kelas XI SMA Al-Azhar Menganti, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik ini memulai penelitiannya saat harga kedelai mengalami lonjakan hingga susah didapat.

"Tempe ini banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Mayoritas konsumennya adalah masyarakat menengah ke bawah, kalau harganya mahal daya beli masyarakat juga menurun. Dari situ saya mencari ide bahan lain pembuatan tempe yakni dari biji nangka," kata Putri, Minggu (15/8/2022).

Putri berharap penelitiannya yang membawanya meraih prestasi, bisa menjadi manfaat bagi masyarakat luas, terutama bagi para pelaku UMKM produsen tempe.

Baca juga:
Top! Siswi SD Kembangkan Kampung Adopsi Budidaya Jahe Merah di Surabaya

"Mudah-mudahan penemuan ini dapat memberikan andil dalam menyukseskan program Suistainable Development Goals (SDGs) yang bertujuan mengentas kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan," ucapnya.

Apresiasi kepada Putri datang dari Nuripan, Kepala SMA Al-Azhar Menganti. Nuripan berjanji pihak sekolah akan terus memberikan dukungan dan memotivasi Putri dan siswa-siswi lainnya untuk bersemangat lagi melakukan penelitiannya.

"Semoga dengan prestasi yang diraih Putri bisa mengharumkan nama sekolah," ujar Naripan.