Pixel Code jatimnow.com

Imbas Pembangunan Jembatan, Monumen Perjuangan di Tulungagung Akan Dipindah

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Bramanta Pamungkas
Monumen perjuangan Batalyon Sikatan di Tulungagung akan dipindahkan.(Foto: Bramanta Pamungkas)
Monumen perjuangan Batalyon Sikatan di Tulungagung akan dipindahkan.(Foto: Bramanta Pamungkas)

Tulungagung - Sebuah monumen perjuangan di Kabupaten Tulungagung terdampak rencana pembangunan Jembatan Ngujang. Monumen yang dibangun untuk mengenang perjuangan Batalyon Sikatan itu terancam digusur. Rencananya, monumen dipindahkan ke lokasi lain. Meskipun begitu belum diketahui pasti tempat pemindahan monumen perjuangan tersebut.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tulungagung Dwi Hary Prasetya mengatakan, pelaksana pembangunan Jembatan Ngujang adalah pihak Balai Besar Jalan Nasional Provinsi Jawa Timur. Monumen Batalyon Sikatan berada di sisi Utara jembatan dan dipastikan akan dipindahkan. Pemindahan sudah dikoordinasikan dengan Kodam V Brawijaya.

"Sudah ada koordinasi dengan Kodam V Brawijaya untuk pergeseran monumen," ujarnya, Selasa (16/08/2022).

Monumen rencananya digeser ke Timur dari lokasi semula. Rencana penggeseran kemungkinan besar dilakukan sebelum proyek renovasi dan perbaikan jembatan dilakukan. Selain monumen Batalyon Sikatan, bangunan lain yang terimbas adalah pagar kompleks pemakaman Tionghoa.

Baca juga:
Bawaslu Tulungagung Wacanakan Pendidikan Politik Masuk Kurikulum Sekolah

"Untuk makam itu yang kena hanya pagarnya saja. Sudah ada koordinasi dengan pengelola makam yang ada di sana, sudah nggak ada masalah," tuturnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0807 Tulungagung Letkol Czi Nooris Agus Rinanto mengaku belum mengetahui perihal rencana pemindahan monumen. Pihaknya segera melakukan koordinasi dengan instansi terkait mengenai pemindahan monumen.

Baca juga:
Mobil dalam Bengkel di Tulungagung Tiba-tiba Terbakar Tengah Malam

"Pada intinya kami selalu mendukung pembangunan yang dilakukan pemerintah. Terkait rencana pemindahan monumen, kami sarankan tidak menghilangkan nilai-nilai perjuangan para pahlawan," pungkasnya.