Pixel Code jatimnow.com

Bank Indonesia Luncurkan Desain Uang Kertas Baru 2022, Yuk Kepoin Penampakannya

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Ni'am Kurniawan
Antusiasme warga saat memperoleh uang kertas emisi 2022 (Foto: Pras for jatimnow.com)
Antusiasme warga saat memperoleh uang kertas emisi 2022 (Foto: Pras for jatimnow.com)

Surabaya - Bank Indonesia (BI) kembali meluncurkan desain uang baru, Kamis (18/8/2022). Desain uang baru kali ini tersedia dalam bentuk kertas, mulai pecahan Rp1000 hingga Rp100.000.

Uang kertas terbaru kali ini tetap memasang wajah 8 pahlawan nasional, mulai dari Soekarno Hatta, Mohammad Hatta, Djuanda Kartawidjaja, G S S J Ratulangi, Frans Kaisiepo, hingga Tjut Meutia.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, tujuh pecahan uang kertas baru itu sah menjadi alat pembayaran di seluruh wilayah Indonesia. Ciri-ciri uang baru tahun emisi 2022 ini di antaranya seperti berikut.

Pertama, uang tahun emisi 2022 tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan. Serta tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang seperti halnya uang tahun emisi 2016.

 Uang baru kertas emisi 2022 (Foto: BI for jatimnow.com) Uang baru kertas emisi 2022 (Foto: BI for jatimnow.com)

Baca juga:
40 Tunanetra Dikenalkan Uang Rupiah Baru Emisi 2022

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim dan mengharapkan ridha Allah Yang Maha Kuasa pada hari ini 18 Agustus 2022 saya bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan resmi meluncurkan tujuh pecahan uang rupiah kertas tahun emisi 2022,” ujar Perry Warjiyo, dalam keterangan laman resmi BI seperti dilihat jatimnow.com, Kamis (18/8/2022).

Kedua, tiga aspek inovasi penguatan uang tahun emisi 2022, yaitu pada desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

Baca juga:
BI Luncurkan Buku Sejarah Heritage, Ceritakan Perkembangan Ekonomi Kediri

Menurut Perry, Inovasi dimaksudkan agar uang rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan, serta lebih sulit untuk dipalsukan.

"Sehingga, uang rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan NKRI," jelasnya.