Pixel Code jatimnow.com

Gagal Bobol ATM di Ponorogo, Pelaku Ditangkap saat Ambil Motor yang Tertinggal

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Mita Kusuma
Pres rilis pembobolan ATM BRI Badegan (Foto: Mita Kusuma/jatimnow.com)
Pres rilis pembobolan ATM BRI Badegan (Foto: Mita Kusuma/jatimnow.com)

Ponorogo - Sarmadi (41) digelandang di Mapolres Ponorogo. Warga Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo itu ketahuan melakukan percobaan pencurian ATM di kantor BRI unit Badegan, Ponorogo.

"Kejadiannya tengah malam. Jam 01.00 wib pada 6 Agustus 2022," ujar Kasatreskrim Polres Ponorogo, AKP Nikolas Bagas Yudhi Kurnia, Kamis (18/8/2022) saat pres rilis.

Kronologinya, kata dia, sekuriti yang bertugas di BRI Badegan sedang memonitor CCTV. Dari rekaman itu, diketahui dan sekuriti mendengar adanya seseorang menggunakan cat semprot untuk menghilangkan jejak.

“Sekuriti mencoba ke ATM. Lampunya mati, dugaannya dimatikan oleh lampu,” kata mantan Kasatreskrim Polres Nganjuk ini kepada media.

Karena itu, sekuriti mencoba masuk ke dalam ATM dan meneriaki pelaku. Tahu aksinya ketahuan sekurit, pelaku Sarmadi melarikan diri.

Setelahnya, sekuriti juga menemukan sepeda motor yang terparkir di sekitar lokasi. Di sepeda motor itu terdapat alat las dan LPG.

Baca juga:
Komplotan Bandit Bobol Mesin ATM di Indomaret Baypass Krian, Sidoarjo

"Paginya pelaku yang telah kabur itu kembali ke BRI menanyakan motor yang dimaksud. Sekuriti yang menjaga masih sama itu curiga. Sehingga telepon ke Polsek Badegan,” tegasnya.

Penangkapan, kata dia, tidak ada perlawanan berarti. Motifnya karena memang pelaku terjerat masalah keuangan. Pelaku terlilit hutang yang tidak sedikit.

Sementara, pelaku Sarmadi mengaku telah menyiapkan semuanya. Dari las hingga linggis. Pelaku juga belajar dari YouTube untuk membobol ATM.

Baca juga:
Bandit Sidoarjo Incar Bobol Mesin ATM Maybank

“Saya belajar dari YouTube. Hutang saya banyak jadi terpaksa membobol ATM,” pungkasnya.