Pixel Code jatimnow.com

Capres dan Cawapres Koalisi Indonesia Raya, Ini Kata Petinggi Gerinda-PKB Jatim

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Ni'am Kurniawan
Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar. (Foto: dok. jatimnow.com)
Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar. (Foto: dok. jatimnow.com)

Surabaya - Partai PKB dan Gerindra resmi berkoalisi. Namun hingga saat ini belum diputuskan siapa sosok kandidat calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) tahun 2024 dari Koalisi Indonesia Raya itu.

Hingga saat ini, kedua partai nampak masih getol mencalonkan sosok ketua umum masing-masing. Gerindra mendorong Prabowo Subianto, dan PKB mencalonkan Muhaimin Iskandar.

Ditemui dikantor DPRD Jatim, Ketua DPD Gerindra Jatim Anwar Sadad mengatakan, soal calon Capres dan Cawapres yang diusung koalisi PKB-Gerindra masih disimpan oleh DPP. Namun, siapapun nanti calonnya, kader Gerindra di Jatim dipastikan tetap patuh pada DPP.

"Posisi DPD Gerindra Jatim, tentu dalam konteks ini adalah sami'na wa atho'na. Siapapun yang akan menempati posisi Capres dan Cawapres, kita akan terus berjuang agar Capres dan Cawapres yang diusung koalisi Gerindra-PKB menang, khususnya di Jatim," ujar Sadad, Kamis (18/8/2022).

Meski belum muncul sosok Capres-Cawapres dari kedua partai, Sadad menyebut hubungan antara Gerindra dan PKB di Jatim masih tetap harmonis. Hubungan baik itu, lanjut Sadad, akan terus ia jaga sesuai diktum kerja sama koalisi sampai Pemilu 2024 mendatang.

Baca juga:
Cak Imin dan Puan Maharani Bertemu, Gerindra Jatim: Biasa Saja

"Kalau melihat diktum kesepakatan Gerindra-PKB, maka koalisi ini akan terus dilakukan sampai Pilkada 2024 termasuk Pilgub Jatim 2024. Ya kita lihat saja nanti. Yang penting koalisi ini menang di Pilpres 2024 nanti," tegas Wakil Ketua DPRD Jatim itu.

Sementara, Sekretaris DPW PKB Jatim Anik Maslachah yakin, apapaun yang menjadi keputusan kedua ketua umum nanti merupakan keputusan terbaik untuk koalisi PKB-Gerindra.

"Pak Prabowo tidak diragukan lagi kepemimpinannya di TNI dan Pertahanan NKRI. Sehingga bisa dikatakan panglimanya TNI dan pertahanan. Sedangkan Gus Muhaimin panglimanya santri. Sehingg kekuatan yang amah dasyat ini akan bisa membawa kebaikan bagi NKRI ketika memenangkan PIlpres 2024 mendatang," ujar Anik.

Baca juga:
Elektabilitas Gerindra di Jatim Perlahan Naik, Berpotensi Salip PKB dan PDIP

Anik menyebut, pihaknya bersama Gerindra Jatim akan all out memenangkan hati rakyat untuk koalisi ini di Jawa Timur.

"Apalagi kita juga dapat info Presiden Jokowi merestui koalisi ini dan mendukung sosok calon yang akan ditetapkan sebagai Capres dan Cawapres oleh Ketua umum kami. Baik Pak Prabowo Ketua Umum Partai Gerindra maupun Gus Muhaimin Ketua umum kami di PKB," tegas Wakil Ketua DPRD Jatim itu.