Pixel Code jatimnow.com

Aksi Bupati Jombang dan GPK Pungut Sampah dalam Pawai Budaya

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Elok Aprianto
Bupati dan anggota GPK Jombang saat memungut sampah di sela kegiatan pawai budaya (Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)
Bupati dan anggota GPK Jombang saat memungut sampah di sela kegiatan pawai budaya (Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)

Jombang - Pawai budaya dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Jombang, diwarnai aksi pungut sampah oleh bupati kader Gerakan Pemuda Ka'bah (GPK) setempat, Sabtu (20/8/2022).

Aksi para kader GPK menjadi bagian kampanye lingkungan dan bijak kelola sampah. Mereka memungut sampah-sampah di sekitar Bundaran Ringin Contong, Jalan A Yani, Jombang.

Ketua GPK Jombang, Mujtahidur Ridho menjelaskan bahwa GPK cinta kebersihan lingkungan ini merupakan inisiasi organisasinya yang turut membantu persoalan sampah di Kota Santri. Kegiatan itu berkoordinasi Dinas Lingkungan Hidup setempat dan relawan lingkungan.

Menurut Ridho, saat pawai melintasi Jalan Gus Dur dan A. Yani, relawan GPK cinta kebersihan yang sudah membawa kantong sampah memungut sampah yang berserakan.

"Alhamdulillah, kami sangat bangga dengan aksi kebersihan lingkungan ini. Masyarakat juga menjadi sadar atas kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya," terangnya pada sejumlah jurnalis.

Ridho menambahkan, kegiatan bersih lingkungan ini juga ditunjukkan oleh Bupati Jombang saat mengikuti pawai itu bersama forkopimda dengan memberikan contoh budaya hidup bersih dan sehat dengan memunguti dan menyapu sampah di sepanjang jalan.

Baca juga:
Cucu Bupati Mundjidah Nahkodai PC GP Ansor Jombang Periode 2022 - 2026

"Bupati dan Forkopimda juga turut serta melakukan aksi membersihkan sekitar lokasi yang berserakan di rute karnaval," bebernya.

Dia mengajak semua lapisan masyarakat untuk mencintai lingkungan dan menjaga kebersihan agar dapat menumbuhkan generasi yang hebat, berkarakter dan berdaya saing.

"Bekerja dengan hati, untuk jombang berkarakter, bersih hatinya, indah kotanya, bahagia warganya," tutur dia.

Baca juga:
7 Desa di Jombang Ikuti Pilkades Serentak, Ini Pesan Wabup Sumrambah

Warga Jombang cukup antusias dalam mengikuti pawai budaya yang dimulai sekitar pukul 10.00 WIB itu. Acara berjalan dengan tertib dan kondusif pada pukul 15.00 WIB.