Pixel Code jatimnow.com

Pemkot Pasuruan Kembangkan Potensi Wisata Pesisir dengan Program Tanam Mangrove

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Moch Rois
Penancapan bibit pohon mangrove di area Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kelurahan Ngemplak. (Foto Kominfo Pemkot Pasuruan)
Penancapan bibit pohon mangrove di area Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kelurahan Ngemplak. (Foto Kominfo Pemkot Pasuruan)

Pasuruan - Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) didampingi Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo (Mas Adi) mendukung program rehabilitasi mangrove nasional sekaligus pemberdayaan bagi masyarakat guna mengembangkan potensi wisata pesisir.

Hal ini disimboliskan melalui penancapan bibit pohon mangrove di area Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kelurahan Ngemplak, Jumat (19/8/2022) pagi lalu.

"Kita menyambut baik apa yang menjadi program Pelindo mendukung program pemerintah, kita ingin nanti ini bisa jadi inspirasi masyarakat di sekitar pesisir," ucap Gus Ipul dalam sambutannya.

Program yang diinisiasi oleh Pelindo Regional III ini dilakukan dengan cara penanaman mangrove sebanyak 49.500 batang di kawasan pesisir di 5 kelurahan, yakni Kelurahan Ngemplak, Panggung, Mandaran, Kepel dan Tapaan.

Lebih lanjut, melalui program ini Gus Ipul mengajak masyarakat untuk bisa menggali potensi wisata pesisir dan dikembangkan menjadi salah satu objek ekowisata yang menarik.

Baca juga:
Berhasil Menaikkan Nilai SAKIP, Pemkot Pasuruan Raih Penghargaan MenPAN-RB

"Dengan MoU ini tentu kita punya kesempatan untuk sinergi, kolaborasi dan saya ingin kedepan di area ini menjadi tempat wisata keluarga yang ikut menggerakkan perekonomian kota Pasuruan," tegasnya.

Menurut Gus Ipul, upaya tersebut diharapkan bisa memberikan dorongan bagi masyarakat bagaimana memenuhi kesejahteraan dengan tetap melestarikan lingkungan.

Baca juga:
Solusi Pemkot Pasuruan Atasi Masalah Pembayaran PBB-P2

“Tempat ini bisa kita manfaatkan disamping fungsi utamanya adalah untuk pelelangan atau tempat pendaratan kapal-kapal nelayan, lebih-lebih nanti kita harapkan juga kita bisa manfatkan untuk keperluan-keperluan lain misalnya kegiatan seni budaya kemudian kegiatan musik, kegiatan kreatif-kreatif lainnya sehingga kawasan ini benar-benar menjadi tempat pertemuan keluarga”, tutupnya.

Acara yang dihadiri Regional Head 3 Pelindo, Ardhy Wahyu Basuki serta jajarannya, perwakilan Dandim 0819 Pasuruan, perwakilan Kapolres Pasuruan Kota ini turut dilakukan penyerahan bibit mangrove kepada perwakilan kelompok tani Desa Kepel.