Pixel Code jatimnow.com

Pria di Kediri Hasilkan Karya Lukis Guratan di Atas PVC

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Yanuar Dedy
Salah satu karya lukis guratan milik Agung.(Foto: Agung Witanto for jatimnow.com)
Salah satu karya lukis guratan milik Agung.(Foto: Agung Witanto for jatimnow.com)

Kediri - Lukisan lazimnya dibuat di atas kertas maupun kanvas. Tapi di Kabupaten Kediri ada yang berbeda. Sebuah lukisan dituangkan di atas PVC.

Karya tersebut dibuat Agung Witanto asal Desa Tugurejo, Kediri. Lukisannya tercipta dari sebuah guratan atau goresan yang terstruktur hingga menghasilkan sebuah objek gambar yang diinginkan.

Agung menyatakan, goresan-goresan yang membentuk sebuah gambar muncul setelah melalui beberapa proses. Pertama, melalui tahapan editing objek gambar yang diinginkan melalui sebuah proses digital. Kemudian masuk tahapan terpenting, yakni gambar berpola dari proses editing komputer dengan menggunakan alat bor khusus. Dari goresan-goresan itulah muncul sebuah objek gambar lukisan yang diinginkan.

Tak hanya sebuah karya seni, Agung juga mengomersilkannya. Ide menjual lukisan guratan muncul setelah usaha mebel yang digelutinya gulung tikar.

Baca juga:
Pasar Seni Lukis Hadir Lagi di Surabaya, Catat Tanggal dan Lokasinya Rek!

Melihat sejumlah alat mebel yang sudah dibelinya dengan harga mahal tak terpakai, akhirnya Agung memiliki ide brilian. Ia memanfaatkan mesin tersebut untuk memulai usaha lukisan di atas PVC.

"Jadi usaha lukisan guratan ini muncul setelah usaha mebel saya di 2020 itu tak berjalan. Saat itu saya berpikir keras, untuk menemukan ide usaha yang bisa saya lakukan dengan sejumlah alat yang saya punya ini," ujarnya.

Baca juga:
Menengok Puluhan Karya Lukis Anak 'Istimewa' di Kompleks Balai Pemuda

Lukisan guratan buatan Agung mulai memiliki banyak peminat. Untuk harganya mulai Rp100 ribu hingga jutaan rupiah per lukisan. Kebanyakan pemesannya digunakan sebagai hadiah ulang tahun, pernikahan, maupun dikoleksi secara pribadi. Lukisannya kebanyakan bergambar orang.