Pixel Code jatimnow.com

Survei MIPOS Sebut Sentimen Positif Prabowo, Gerindra dan PKB Makin Menguat

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Ni'am Kurniawan
Tangkapan layar rekapan survei yang dilakukan MIPOS
Tangkapan layar rekapan survei yang dilakukan MIPOS

Surabaya - Lembaga survei Merdeka Institute for Public Opinion Survey (MIPOS) merilis hasil riset mereka tentang sentimen publik terhadap calon presiden dan partai politik pascadeklarasi koalisi Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Hasilnya, sentimen positif terhadap Prabowo Subianto, Partai Gerindra dan PKB semakin menguat pascadeklarasi koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) itu.

"Riset MIPOS kali ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan natural language processing (NLP) untuk mengekstraksi opini warganet (netizen) dalam bentuk teks. Metode ekstraksi opini dilakukan dengan teknik knowledge discovery in database (KDD). Dataset dalam riset kali ini diperoleh dari tanggal 9 hingga 20 Agustus 2022," ucap Peneliti Senior MIPOS, Ibnu Hanif Fadillah, Rabu (24/8/2022).

MIPOS juga merangkum, pascadeklarasi kesiapan Prabowo Subianto maju sebagai Capres 2024, dan deklarasi koalisi Kebangkitan Indonesia Raya, terjadi penguatan sentimen positif terhadap Prabowo sebagai Capres serta Partai Gerindra dan PKB sebagai calon peserta Pemilu 2024.

"Khusus tentang Prabowo, sebanyak 35,41% warganet yang mempercakapkan Ketua Umum Partai Gerindra tersebut cenderung menyampaikan ujaran positif. Hanya 2,43% yang menyampaikan ujaran negatif dan 62,16% percakapan cenderung bersifat netral," katanya.

Setelah Prabowo, Capres yang juga memperoleh sentimen positif cukup signifikan dari publik adalah Ganjar Pranowo, yakni sebesar 25,03%. Namun sentimen negatif terhadap Gubernur Jawa Tengah tersebut tergolong tinggi (7,94%), seperti halnya Anies Baswedan yang memperoleh sentimen negatif sebesar 10,95% (tertinggi dari capres top seven). Sedangkan sentimen positif terhadap Gubernur DKI itu hanya sebesar 18,96%.

"Saat itu Prabowo memperoleh sentimen positif dari warganet sebesar 25,40% dan sentimen negatif sebesar 12,40%. Berdasarkan analisis MIPOS, menguatnya sentimen positif terhadap Prabowo terkait sangat signifikan dengan event deklarasi kesiapan Ketua Umum Partai Gerindra itu maju dalam kontestasi Pilpres 2024," jelasnya.

Selain berdampak pada menguatnya sentimen positif terhadap Prabowo Subianto sebagai Capres, deklarasi juga membuat Partai Gerindra dan PKB semakin menjadi topik percapakan publik luas. Berdasarkan temuan MIPOS, pascadeklarasi koalisi KIR, Gerindra dan PKB menjadi partai yang paling banyak dipercakapkan warganet.

Padahal, sebelum deklarasi koalisi Kebangkitan Indonesia Raya, PKB adalah satu partai yang frekuensi percakapan dan tingkat engagement-nya di dunia maya cukup rendah. Kini PKB menjadi partai dengan tingkat frekuensi percakapan di dunia maya paling tinggi. Dalam 'bahasa survei' tingkat popularitas PKB saat ini yang tertinggi diantara 10 partai besar yang ada saat ini.

Baca juga:
Gerindra Beri Sinyal Tambah Koalisi dengan Partai Lain dalam KIR

"Bahkan PKB bukan hanya paling banyak dipercakapkan warganet, tapi juga memperoleh sentimen positif yang tinggi. Berdasarkan hasil analisis MIPOS, sentimen positif PKB saat ini berada di posisi kedua (21,22%) dan hanya kalah dari Partai Gerindra yang berada di posisi pertama dengan sentimen positif sebesar 24,39%," imbuh Ibnu.

Menariknya, dalam riset MIPOS kali ini adalah munculnya Partai Perindo sebagai partai yang memperoleh sentimen positif cukup signifikan dari warganet, yakni 11,81%. Sentimen positif Partai Perindo bahkan di atas partai-partai parlemen seperti PDI Perjuangan, Partai Nasdem, PAN dan PPP. Ini merupakan indikasi bahwa Partai Perindo semakin diterima oleh publik luas sehingga berpeluang besar menembus parliamentary threshold sebesar 4%.

Berikut rekapitulasi sentimen masyarakat terhadap Capres 2024 dan Partai Politik:

Sentimen Positif Terhadap Capres Top Seven:

Prabowo Subianto 35,41%
Ganjar Pranowo 25,03%
Erick Thohir 23,70%
Anies Baswedan 18,96%
Agus Harimurty Yudhoyono 16,40%
Sandiaga Uno 14,84%
Ridwan Kamil 10,48%

Baca juga:
Gerindra dan PKB Berkoalisi, Anwar Sadad Sebut Capres-Cawapres Masih Rahasia

Sentimen Negatif Terhadap Capres Top Seven:

Anies Baswedan 10,95%
Ganjar Pranowo 7,94%
Agus Harimurty Yudhoyono 5,60%
Sandiaga Uno 5,06%
Erick Thohir 3,60%
Ridwan Kamil 3,04%
Prabowo Subianto 2,43%

Sentimen Positif Terhadap Partai Top Ten:

Partai Gerindra 24,39%
PKB 21,22%
Partai Golkar 15,42%
PKS 14,13%
Partai Demokrat 12,90%
Partai Perindo 11,81%
Partai Nasdem 10,64%
PDI Perjuangan 10,18%
PAN 8,34%
PPP 7,18%