Pixel Code jatimnow.com

Pasar Murah Telur Ayam di Kediri Diserbu Warga, 600 Kg Ludes dalam 1 Jam

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Yanuar Dedy
Antrean warga di pasar murah telur ayam di depan TMP Kota Kediri. (Foto: Yanuar Dedy/jatimnow.com)
Antrean warga di pasar murah telur ayam di depan TMP Kota Kediri. (Foto: Yanuar Dedy/jatimnow.com)

Kediri - Pasar murah telur ayam di depan Taman Makam Pahlawan, Jalan PK Bangsa, Kota Kediri diserbu warga, Jumat (26/8/2022).

Antrean bahkan mengular sejak pasar murah oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Kediri ini belum dibuka.

Di pasar murah ini, telur ayam dihargai Rp 25.000 per/Kg. Di pasaran menurut warga, harga telur ayam sudah mencapai Rp 29.000 per/Kg.

“Kemarin saya beli Rp29.000, hari ini katanya sudah Rp30.000,” kata Endah, warga.

Kendati pembelian hanya dibatasi 1 kilogram untuk masing-masing warga berKTP Kota Kediri. Mereka cukup antusias dengan pasar murah ini, mengingat selisihnya dengan harga di pasaran.

Di pasar tradisional Kota Kediri kenaikan harga telur ayam terjadi lebih dari sepekan terakhir. Kenaikannya bertahap dari harga normal Rp23.000.

Sementara itu, pasar murah ini digelar TPID Kota Kediri untuk menstabilkan harga telur ayam yang terus merangkak naik.

Di tiga titik, total TPID menyediakan 600 kilogram telur ayam, masing-masing 200 kilogram yang ludes hanya dalam waktu 1 jam.

Baca juga:
Berikut Daftar Harga Telur dan Daging Ayam Terbaru di Jatim

Selain telur, di tiga titik masing-masing di depan TMP, area bundaran Sekartaji dan Lapangan Gajah Mada di Kecamatan Pesantren, TPID juga menyediakan beras dengan harga murah.

Beras jenis medium di pasar ini dihargai Rp41.500 per/5 Kg. Lebih murah dibanding harga di pasaran yang mencapai Rp46.000 - Rp47.000 per/5 Kg.

“Kita lakukan operasi pasar ini bersama tim TPID Kota Kediri untuk membantu masyarakat ya. Untuk harga beras yang saat ini cenderung naik disini kita penjualannya di harga Rp8.300 per/Kg. Dan memang kita batasi setiap orang 5 Kilogram,” kata Kepala Bulog Kediri, Mara Kamin Siregar.

Di tiga titik ini, khusus beras, Bulog menyediakan 5 ton untuk warga.

Baca juga:
Telur Mahal, BPNT di Ponorogo Ganti Dirupakan Ikan dan Daging Ayam

Mara Kamin Siregar menambahkan, selain program ini pihaknya juga membuka pasar murah di halaman kantornya di Kelurahan Banjaran Kota Kediri setiap hari. Masyarakat bisa membeli beras dengan harga lebih murah di pasar itu.

Pasar murah TPID Kota Kediri ini akan kembali dibuka pada Senin pekan depan di titik yang sama pukul 08.00 WIB. Masyarakat bisa memanfaatkannya untuk membeli telur ayam dan beras dengan harga murah.