Pixel Code jatimnow.com

Pikap di Tulungagung Terbakar depan SBPU, Tumpahan Solar Picu Api Membesar

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Bramanta Pamungkas
Petugas memadamkan api yang membakar pikap pembawa solar (Foto: Bramanta Pamungkas/jatimnow.com)
Petugas memadamkan api yang membakar pikap pembawa solar (Foto: Bramanta Pamungkas/jatimnow.com)

Tulungagung - Sebuah mobil pikap terbakar tepat di depan SPBU Kelurahan Kutoanyar, Tulungagung, Minggu (28/8/2022). Pikap itu sedianya hendak mengisi bahan bakar minyak (BBM).

Sopir dan penumpang berhasil menyelamatkan diri sebelum api membesar. Petugas SPBU juga berusaha memadamkan api menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang tersedia. Namun api tetap menyala sehingga mereka memanggil petugas pemadam kebakaran.

Iwan (22), pengemudi pikap bernopol AG 9165 RN itu mengatakan, saat itu dia mengemudikan mobilnya untuk mengantar solar ke wilayah Kecamatan Pakel. Solar tersebut rencananya dipakai mengisi genset listrik, dalam karnaval.

"Ada 15 liter solar saya campur galon air mineral di bak belakang. Solar untuk kebutuhan genset karnaval. Ini tadi kita mau mengantarkannya dan mampir ke pom (SPBU) bensin untuk mengisi bahan bakar mobil," ujar Iwan.

Saat sampai di depan SPBU, Iwan bersama dua penumpangnya melihat api muncul di bagian belakang. Mereka lalu turun dan menemukan solar sudah terguling.

Baca juga:
2 Mobil Mewah Terbakar di Surabaya, 13 Damkar Diterjunkan

Saksi lalu berusaha mengambil galon berisi solar tersebut, tapi tidak kuat. Mereka kemudian menyelamatkan diri saat api semakin membesar dan meludeskan sisi depan mobil.

"Tadi sudah diikat galonnya, tapi tidak tahu kenapa kok terguling," tuturnya.

Baca juga:
Mobil Carry di Sumenep Hangus Terbakar Saat Parkir

Sementara Kasi Operasional dan Pengendalian Kebakaran Satpol PP Tulungagung, Bambang Pidekso menuturkan, api pertama kali muncul dari bagian bawah kendaraan. Diduga kebakaran ini dipicu konsleting pada aki. Solar yang tumpah juga mengenai aki, sehingga kobaran api cepat membesar.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Penyebab kebakaran adanya konslet pada aki dan terkena tumpahan solar," pungkasnya.