Pixel Code jatimnow.com

KLM Aven Selon 03 Terbakar di Perairan Raas Sumenep, 3 ABK Terluka

Ilustrasi kapal terbakar (Foto: Dok. jatimnow.com)
Ilustrasi kapal terbakar (Foto: Dok. jatimnow.com)

Surabaya - Kapal Laut Motor (KLM) Aven Selon 03 terbakar di Perairan Raas, Sumenep. Akibat insiden itu, tiga dari empat anak buah kapal (ABK) dan juga nahkoda mengalami luka bakar.

"Saat ini korban yang mengalami luka bakar sedang dirawat di pukesmas, masih dalam penanganan medis," terang Kapolres Sumenep, AKBP Edo Satya Kentriko saat dikonfirmasi, Minggu (28/8/2022).

Edo menjelaskan, KLM Aven Selon 03 itu awalnya berangkat sekitar pukul 11.00 WIB dengan membawa tabung elpiji 3 kilogram sebanyak 3920 buah, dari Pelabuhan Kalianget menuju Pulau Sapeken.

Kemudian sekitar pukul 18.00 WIB, tiba-tiba terjadi kebocoran tabung gas di dekat mesin kapal. Api kemudian berkobar dan menyebabkan kapal tersebut terbakar.

Mengetahui itu, nahkoda dan para ABK langsung menyelamatkan diri dengan menaiki papan rakit. Nahkoda menghubungi pemilik kapal dan mengirimkan KLM Aven Selon 02 untuk melakukan pencarian.

Baca juga:
Pilihan Pembaca: Hacker Bjorka, KM Sabuk Nusantara 91 Terbakar, Driver Ojol

Upaya tersebut kemudian membuahkan hasil. Nahkoda dan para ABK ditemukan dan dievakuasi dalam kondisi selamat.

"Dari laporan yang kami terima, nahkoda dan para ABK ditemukan selamat sekitar pukul 04.00 WIB. Kemudian dibawa kembali ke Pulau Sapeken, sampai sekitar pukul 13.00 WIB, dan dibawa ke pukesmas. Rencananya mau dirujuk ke RS Singaraja, Bali," jelasnya.

"Alhamdulillah tidak sampai ada korban jiwa. Hanya saja tiga orang ABK yang mengalami luka bakar. Saat ini masih mendapatkan perawatan," tambah Alumni Akpol Tahun 2003 itu.

Baca juga:
Video: KM Sabuk Nusantara 91 Terbakar

Berikut identitas nahkoda dan ABK KLM Aven Selon 03:

1. Abdul Rahman (48), warga Dusun Mandar, Desa Sapeken (selamat)
2. Samsuri (36), warga Dusun Karangkongo, Desa Sapeken (luka bakar)
3. Ajim (34) warga Dusun Kota, Desa Sapeken (luka bakar)
4. Solihan (42) warga Dusun Bukut, Desa Sapeken (luka bakar)