Pixel Code jatimnow.com

Bendera Raksasa dan Festival Egrang Semarakkan HUT ke-77 RI di Kota Batu

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Galih Rakasiwi
Egrang yang digunakan para pelajar SD/MI.(Foto: Galih Rakasiwi)
Egrang yang digunakan para pelajar SD/MI.(Foto: Galih Rakasiwi)

Batu - Festival Egrang dan pembentangan Bendera Merah Putih berukuran raksasa di Jalan Panglima Sudirman, Kota Batu, menyemarakkan perayaan HUT ke-77 RI. Untuk Festival Egrang diikuti ratusan pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD)/MI. Mereka mengenakan kostum unik dan baju daerah.

Sedangkan pembentangan bendera raksasa dilakukan puluhan guru yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru Olahraga (KKGO) Kota Batu. Adapun Bendera Merah Putih yang dibentangkan sepanjang 77 meter.

Bendera merah putih raksasa.(Foto: Galih Rakasiwi)Bendera merah putih raksasa.(Foto: Galih Rakasiwi)

"Total peserta ada 800 anak. Lalu kalau guru ada 48 orang. Kami sengaja menggunakan egrang untuk melestarikan permainan tradisional yang mulai ditinggalkan generasi sekarang dan dikenalkan kembali sejak dini. Khususnya bagi para pelajar. Maka dari itu, kami menggelar kegiatan festival egrang tersebut," papar Ketua Panitia Festival Egrang Rudi Handoko, Selasa (30/8/2022).

Baca juga:
Rekomendasi Menu Sarapan di Kota Batu, Dijamin Enak dan Kenyang

Harapan ke depannya, Festival Egrang menjadi agenda tahunan dan bisa semakin semarak dengan penambahan permainan tradisional lainnya.

"Keinginan kami setiap tahun digelar rutin di Kota Batu saat Hari Kemerdekaan agar anak-anak semakin mengenal permainan tradisional dan bisa mengurangi gadget," tutupnya.

Baca juga:
Bangunan Sekolah di Kota Batu Rusak Akibat Tanah Gerak