Pixel Code jatimnow.com

Meriahkan HAN, Daop 8 Bagi Suvenir untuk Anak Penumpang Kereta Api

Editor : Arif Ardianto Reporter : Arry Saputra
Manajer Humas Daop 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko saat memberikan souvenir kepada penumpang anak-anak
Manajer Humas Daop 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko saat memberikan souvenir kepada penumpang anak-anak

jatimnow.com - Memeriahkan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2018, PT KAI Daop 8 Surabaya memberikan hadiah khusus kepada penumpang anak di stasiun, Senin (23/7/2018).

Deputi Eksekutif Daop 8 Surabaya, Djainuri mengatakan, bahwa acara ini untuk menyemarakkan Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli, PT KAI membagikan suvenir kepada penumpang anak di seluruh stasiun besar pemberangkatan KA secara serentak mulai pukul 08.00- 11.00 Wib.

"Selain untuk menyemarakkan peringatan Hari Anak Nasional, kegiatan ini juga sebagai wujud apresiasi kami kepada para pengguna jasa setia KA yang telah memilih kereta api sebagai moda bepergian jarak jauhnya bersama anak," ujar Djainuri kepada wartawan, Senin (23/7/2018).

Di Daop 8 Surabaya, pembagian souvenir dilaksanakan di stasiun Surabaya Gubeng dan Surabaya Pasar Turi. Adapun suvenir yang dibagikan berupa  buku mewarnai, buku tulis, balon dan lain-lain.  Ia berharap dengan diberikannya souvenir ini, anak-anak menjadi senang dan semakin menumbuhkan kecintaan mereka terhadap KA.

"Semoga suvenir ini  dapat bermanfaat dan anak-anak senang menikmati  perjalanan menggunakan kereta api," ungkap Manajer Humas Daop 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko.

KAI sebagai jasa penyedia transportasi selama ini telah berusaha mengutamakan keselamatan para penumpangnya, termasuk penumpang anak-anak. Hal ini terwujud dengan diterapkannya aturan tiket Rp 0 bagi penumpang anak usia 0-3 tahun yang dipangku oleh orangtua atau tidak membeli seat.

Baca juga:
Kereta Api Kertanegara yang Mogok Berhasil Didorong ke Stasiun Tulungagung

"Penerapan aturan ini dimaksudkan untuk menjamin asuransi perjalanan mereka. Jadi walaupun tidak membeli seat alias dipangku selama perjalanan dengan KA, penumpang anak tetap harus bertiket. Tiketnya Rp 0 dan dapat diminta di petugas loket  sebelum boarding dengan menunjukkan boarding pass orangtuanya," imbuhnya

Fasilitas bagi anak-anak yang berada dilingkungan kerja PT KAI pihaknua juga menyediakan beasiswa untuk mereka anak-anak dengan ketentuan nilai-nilai mata pelajaran yang bagus.

Sementara itu, Manager Humas Daop 8 Surabaya Gatut Sutiyatmoko mengatakan  untuk meningkatkan kenyamanan pengguna jasa, khususnya anak-anak, seluruh  kereta api sudah disediakan penyejuk udara (AC). Jadi anak-anak akan merasa nyaman sepanjang perjalanan.

Baca juga:
KA Kertanegara Mendadak Mati Mesin Misterius Jelang Masuk Stasiun Tulungagung

"KAI juga menyiapkan beberapa fasilitas penunjang lainnya untuk penumpang anak-anak, yaitu ruang menyusui dan area bermain anak. Sehingga melalui fasilatas-fasilitas tersebut anak-anak dan para orang tua akan merasa nyaman ketika sedang menunggu kereta datang," pungkas Gatut.

Reporter: Arry Saputra
Editor: Arif Ardianto