Pixel Code jatimnow.com

Wabup Gresik Sambangi Penyandang Disabilitas

Editor : Redaksi Reporter : Advertorial
Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah (kiri) dan Kepala Dinsos (kanan) saat memberikan tali asih kepada keluarga penyandang disabilitas (Foto: Humas Pemkab Gresik/jatimnow.com)
Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah (kiri) dan Kepala Dinsos (kanan) saat memberikan tali asih kepada keluarga penyandang disabilitas (Foto: Humas Pemkab Gresik/jatimnow.com)

Gresik - Wakil Bupati (Wabup) Gresik Aminatun Habibah bersama Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Gresik Ummi Khoiroh mengunjungi Erlin Hermawati (29), seorang penyandang disabilitas asal Dusun Nongkokerep, Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Jumat (9/9/2022). Kehadiran Wakil Bupati dan Kepala Dinsos ingin mengetahui perkembangan kondisi Erlin yang mengalami keterbatasan sejak usia 7 tahun. Sekaligus memberikan tali asih dan sembako untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Kabupaten Gresik akan selalu memberikan perhatian kepada masyarakat rentan, seperti halnya kepada Mbak Erlin. Informasi seperti ini akan kami tindak lanjuti melalui Dinas Sosial," tutur Wabup.

Oleh karenanya, diperlukan partisipasi aktif dari masyarakat untuk bisa membantu menginformasikan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik sehingga meminimaliasi tidak terdeteksinya warga yang membutuhkan bantuan pemerintah.

"Insya Allah pemerintah daerah Kabupaten Gresik akan menindaklanjuti informasi-informasi tersebut," tambahnya.

Sementara itu, Kadinsos Gresik Ummi Khoiroh menjelaskan bahwa tindak lanjut yang akan dilakukan dari Pemkab Gresik adalah memberikan alat bantu agar Erlin bisa melakukan lebih banyak aktivitas secara mandiri.

Baca juga:
Komitmen Pemkab Gresik Percepat Penanggulangan Kemiskinan di Pulau Bawean

"Selain itu, bantuan secara langsung yang akan kami daftarkan ke dalam Program Keluarga Harapan (PKH) Inklusif yang merupakan salah satu program prioritas bupati dan wakil bupati. Selain itu, akan kami proses bantuan langsung melalui program atensi dari Provinsi Jawa Timur yang Insya Allah Senin besok akan kami antar ke Mbak Erlin," jelasnya.

Bergeser dari Kecamatan Bungah, hal serupa juga dilakukan di Kecamatan Dukun, tepatnya di Desa Sembung Anyar. Di sini, warga penyandang disabilitas bernama Debby Putri Dewi (9) tinggal bersama neneknya yang juga menderita stroke mendapat perhatian yang sama.

Baca juga:
Seru! Ribuan Orang Ikuti Gowes Lintas Tambak di Gresik

Perhatian Pemkab Gresik terhadap kelompok masyarakat rentan bukan hal yang baru dilakukan. Sebelumnya melalui Dinsos telah memberikan bantuan berupa kursi roda multi fungsi untuk digunakan. Tidak ketinggalan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) yang bergerak jemput bola dalam pengurusan berbagai dokumen kependudukan. Jadi akan memudahkan bagi masyarakat kelompok rentan dalam memperoleh berbagai bantuan baik dari pemerintah daerah, provinsi maupun pemerintah pusat.

Tidak berhenti di situ, pemangku desa dan kecamatan juga akan terus memberikan pendampingan untuk memastikan bahwa warga kelompok rentan selalu diprioritaskan dalam berbagai program yang ada. (ADV)