Pixel Code jatimnow.com

Pecinta Barang Antik Antusias Serbu Festival Pusaka di Pasuruan

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Moch Rois
Festival Pusaka Pasuruan yang diselenggarakan Disparpora disambut antusias warga. (Foto: Pemkot Pasuruan)
Festival Pusaka Pasuruan yang diselenggarakan Disparpora disambut antusias warga. (Foto: Pemkot Pasuruan)

Pasuruan - Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kota Pasuruan menggelar Festival Pusaka Pasuruan yang dilaksanakan dari tanggal 9 sampai dengan 13 September 2022, bertempat di Gedung Olahraga (GOR) Surapati Kota Pasuruan.

Berbagai barang antik, keris, dan produk-produk lokal Kota Pasuruan dipamerkan. Masyarakat pun terlihat antusias menyaksikan pameran tersebut.

"Kegiatan hari ini sangat bergairah pameran ini selain festival pusaka pasuruan kita lihat juga menggerakkan sektor lain menggerakkan ekonomi kreatif, dan UMKM yang pasti berkaitan dengan pusaka," jelas Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo, Sabtu (10/9/2022).

Diterangkan oleh Adi, Festival Pusaka Pasuruan ini bertujuan untuk mengangkat seni dan budaya Kota Pasuruan melalui objek pameran keris. Masyarakat bisa secara langsung benda pusaka Indonesia yang memiliki sejarah dan menghapus kesan mistis yang sebelumnya melekat.

Baca juga:
Kolaborasi Lintas Umat Beragama Kota Pasuruan Suguhkan Pentas Budaya Menawan

Festival ini juga menampilkan peran mebel, dan produk UMKM untuk mengangkat kearifan lokal Kota Pasuruan.

Adi juga mengharapkan dari kegiatan Festival Pusaka Pasuruan dapat menggerakkan ekonomi, menyemarakkan Kota Pasuruan, memberikan semangat semua sektor dan dari kegiatan ini semuanya akan semakin banyak yang terlibat.

Baca juga:
Pimpin Apel Kepala Sekolah se-Kota Pasuruan, Begini Pesan Gus Ipul

"Sektor pariwisata ini menjadi pengungkit ekonomi dan kita punya kegiatan yang bernuansa wisata baik pameran, event dan sebagainya yang menggerakan semua sektor. Para pegiat seni terlibat sangat guyub pada kegiatan Festival Pusaka Pasuruan dan ini yang ingin kita bangun semangat kebersamaan sebagai modal kuat sosial kita," pungkasnya.