Pixel Code jatimnow.com

Kandidat Capres 2024, Ganjar dan Anies Hanya Pembayang Prabowo

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Ni'am Kurniawan
Hasil survei Indostrategi Research and Consulting.
Hasil survei Indostrategi Research and Consulting.

Surabaya - Direktur Indostrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam menyebut kandidiat Capres 2024 mulai mengerucut di tiga besar nama. Diantaranya Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Ketiganya masih menjadi trend senter perbincangan publik. Dari hasil survei yang dilakukan Indostrategi Research and Consulting merangkum posisi Prabowo berada di angka 31,3%, Ganjar 20%, dan Anies 14,9%.

"Ini tentu menarik di tengah Parpol menggalang poros politik dan tokoh potensial non-Parpol mendekati Parpol, Prabowo bertengger paling atas mengalahkan Ganjar dan Anies," ucap Arif Nurul Imam, Sabtu (10/9/2022).

Arif menjelaskan, setidaknya ada dua hal mengapa Prabowo unggul, salah satunya dipicu deklarasi poros Gerindra dan PKB, selain ditopang karena prestasi kinerjanya yang dianggap baik oleh publik.

"Sementara Ganjar dan Anies mengalami stagnansi karena publik belum melihat kinerja yang moncer sehingga melirik tokoh lain. Tampaknya publik luas juga menyadari bahwa apa yang dipertontonkan dari konten-konten yang diunggah di Medsos oleh beberapa tokoh yang berhasrat menjadi Capres belum tentu benar adanya, hanya berupa pencitraan untuk meraih simpati dan dukungan saja bukan yang sebenar-benarnya," jelas Arif.

Baca juga:
ARCI Munculkan Simulasi Duet Khofifah-Fauzi pada Pilgub Jatim 2024, Hasilnya?

Sementara AHY dan Erick Thohir berada pada posisi lima besar. Lalu ada dua hal yang mengejutkan, pertama Puan dan kedua Sandiaga Uno. Meskipun elektabilitas Puan berada di posisi ke-6 namun ia mengalami kenaikan berarti.

"Sandiaga mengalami penurunan elektabilitas seiring definitifnya dukungan Partai Gerindra terhadap Ketua Umumnya, Prabowo Subianto menjadi Capres 2024 nanti dan Deklarasi Capres yang dilakukan Prabowo pada pertengahan Agustus 2022 yang baru lalu," sambung Arif.

Sementara elektabilitas Parpol di Indonesia, PDI Perjuangan masih betengger di posisi teratas, disusul Gerindra dan PKB.

Baca juga:
Persaingan Ketat 5 Parpol di Jatim Pada Pemilu 2024

"PDIP masih memuncaki elektabilitas parpol. Disusul oleh Gerindra dan PKB yang masih kuat berada diposisi ke-3. Bisa jadi hal ini efek dari koalisi dengan Gerindra. Meskipun berselisih tipis, Golkar digeser oleh Demokrat," tandasnya.