Pixel Code jatimnow.com

Hasil Survei Indopol: Yuhronur Efendi Menang Pilkada Lamongan Hari Ini

Editor : Zaki Zubaidi   Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Direktur Indopol, Ratno Sulistyanto saat memaparkan hasil survei Pilkada Lamongan. (Foto: Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)
Direktur Indopol, Ratno Sulistyanto saat memaparkan hasil survei Pilkada Lamongan. (Foto: Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)

jatimnow.com - Berdasar hasil survei Indonesia Political (Indopol), elektabilitas Yuhronur Efendi masih tertinggi sebesar 47,5 persen. Ada 11 kandidat yang dimunculkan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lamongan 2024.

10 kandidat lainnya adalah Suhandoyo 11 persen, Abdul Ghofur 5,5 persen, Ahmad Shandi 3,17 persen, Kartika Hidayati 2,83 persen, Debby Kurniawan dan Abdur Rouf 1 persen.

Sedangkan 4 nama lainnya, Imam Mukhlisin, Khusnul Aqin, Wahid Wahyudi, Khusnul Yaqin mendapat nilai di bawah 1 persen.

"Elektabilitas Yuhronur cukup dominan bahkan bisa mencapai 70 persen. Bila Pilkada dilakukan hari ini maka kami yakin petahana akan memenangkan pertarungan," kata Direktur Indopol Survei, Ratno Sulistiyanto, Selasa (2/7/2024).

Menurut data yang dihimpun Indopol, situasi masyarakat hari ini menghadirkan peluang petahana melawan kotak kosong.

"Hal itu dilihat dari simulasi yang diperkecil, bila petahana melawan 2 kandidat saja dimana angka elektabilitas tembus 71 persen," ungkapnya.

Disampaikan Ratno bahwa petanaha bisa saja terguling apabila lawan politiknya memiliki kepiawaian mulai dari mengkonsolidasikan partai-partai sampai semua kandidat bersatu untuk melawan petahana.

Baca juga:
Pemkab Lamongan Konsisten Terapkan Kurikulum Berbasis Kearifan Lokal

"Selain konsolidasi, yang bisa merubah politik hari ini yakni adanya sunami politik yang dialami petahana baik itu berkaitan dengan moral atau terjerat masalah hukum," bebernya.

Meski petahana mendominasi, Indopol menyampaikan bahwa menjelang pilkada masih sangat dinamis dimana 69,5 persen menyatakan masih bisa mengubah pilihannya.

"Angka 69 persen itu yang masih bisa dimanfaatkan oleh lawan politik petahana mengingat politik uang juga tinggi diangka 70 persen, tapi materi ini relatif," ujarnya.

Dikatakan relatif, lantaran petahana juga memiliki program-program yang manfaatnya bisa dirasakan sendiri oleh masyarakat. Tidak harus berupa uang namun berupa program.

Baca juga:
Pilbup Lamongan 2024, Petahana Kantongi 4 Surat Tugas Parpol

"Sementara itu yang bisa mengubah angka politik uang tentu siapa yang kuat, tentu menurut saya yang punya modal sosial dan logistik yang kuat ya petahana, artinya yang ingin bersaing modalnya harus lebih dari petahana" urainya.

Ratno menyampaikan bahwa hal yang melatarbelakangi elektabilitas petanaha yakni kepuasan kinerja dimana akhir-akhir ini terus di paparkan dan angka tren kepuasan terus meningkat.

"Dari bulan November 2023 sampai Juli 2024 tren atas kepuasan kinerja bupati meningkat dari 61,91 persen menjadi 67,5 persen dan itu mempengaruhi elektabilitas," tuturnya.