Pixel Code jatimnow.com

Sensasi Gurih Pedas Ayam Panggang Banjardowo Jombang

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Elok Aprianto
Sajian ayam panggang Banjardowo yang harganya terjangkau.(Foto: Elok Aprianto)
Sajian ayam panggang Banjardowo yang harganya terjangkau.(Foto: Elok Aprianto)

Jombang - Beragam kuliner berbahan daging ayam tersaji di Kabupaten Jombang. Salah satunya adalah ayam panggang Banjardowo. Pencinta kuliner wajib mencicipi menu makanan bercita rasa gurih pedas ini.

Tak sulit menemukan rumah makan yang menyediakan ayam panggang Banjardowo di Jombang. Yakni, rumah makan Bu Warti dekat SMPN 4 Jombang. Tempat usaha tersebut sudah ada sejak 1960 dan tetap eksis sampai sekarang.

Ditemui di tempat usahanya, Tanti Widya selaku pengelola rumah makan ayam bakar Bu Warti menjelaskan bahwa ayam panggang miliknya memang beda dengan umumnya. Ia hanya menggunakan ayam kampung.

"Warung ini sekarang sudah generasi ketiga yang di teruskan cucu-cicitnya," ungkap Tanti, Rabu (14/9/2022).

Selain hanya menggunakan ayam kampung, secara turun-temurun bumbu ayam panggang juga terus dijaga kualitasnya. Jadi para pelanggan tetap nyaman dengan rasa dan kualitas ayam panggang Bu Warti.

"Kami selalu menjaga kualitas. Ayam kampungnya juga mengambil langsung dari langganan sehingga tahu kualitasnya," katanya.

Baca juga:
Menilik Sejarah Panjang Bakpao Kimyen yang Terkenal

Tanti memastikan harga jual ayam panggang Bu Warti cukup terjangkau. Untuk satu ekor utuh dibandrol Rp80 ribu. Kalau ukuran porsi makan, hanya dengan harga Rp20 ribu. Itupun sudah lengkap dengan urap-urap.

"Selain pembeli lokal Jombang, yang mampir ke sini seperti dari Sidoarjo, Surabaya, Malang dan beberapa kota lainnya" tukas Tanti.

Sementara itu, salah satu pelanggan setia ayam panggang Bu Warti asal Mojokerto Datuk Karim mengaku sudah sejak lama menikmatinya. Ia menyebut sensasi rasa lezat ayam panggang dengan baluran bumbu pedas manis memberikan rasa nikmat tersendiri.

Baca juga:
Kuliner Malam di Kota Kediri: Angkringan Mbah Semar hingga Nasi Goreng Kuah

"Rasa ayamnya yang lembut dan bumbunya meresap dan harganya pas di kantong, cocok buat pencinta kuliner ayam panggang," ungkapnya.

Ia mengaku sering berkunjung ke Jombang hanya untuk menikmati ayam panggang Bu Warti.

"Jadi berkunjung ke Kabupaten Jombang, tidak ada salahnya mampir ke warung ayam panggang Bu Warti Banjardowo," pungkasnya.