8389 Calon Jemaah Haji Diberangkatkan dari Embarkasi Surabaya

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Farizal Tito

Calon Jemaah Haji Embarkasi Surabaya.

jatimnow.com — Pelaksanaan pemberangkatan ibadah haji sudah sepekan berlangsung. Hingga Senin (23/7/2018) Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya telah memberangkatkan 19 kloter dengan 8389 Calon Jemaah Haji (JCH) dan 95 petugas menuju tanah suci.

Achmad Faridul Ilmi Sekretaris PPIH Jatim mengatakan, dari total kesemuanya, berdasarkan dari informasi dari Pulahta (pengumpulan dan pengelolaan data) masih terdapat dua CJH yang sedang hamil, sehingga pemberangkatannya ditunda.

"CJH hamil itu Nur Diana Arifin (38 tahun) asal Sumenep, sehingga ditunda berangkat bersama suaminya. Sedangkan pada pemeriksaan kesehatan akhir di kloter 19 asal Pasuruan, ada Isnani Damari Jahir (39 tahun) yang sedang hamil 4 minggu sehingga keberangkatannya juga tertunda," tutur Farid, Senin (23/7/2018).

Selain dua JCH hamil, Farid menambahkan. Hingga hari ini terdapat 14 orang yang tertunda karena pemberangkatannya untuk mendapatkan perawatan karena sakit baik di RS Haji maupun di klinik AHES.

"CJH yang masih tertunda itu karena sakit itu masih di rumah sakit dan klinik kami, mereka juga sudah didampingi oleh 9 petugas," tuturnya.

Selain itu, Farid juga mengatakan Sejauh ini proses pemberangkatan tidak menemui kendala. Visa para jamaah juga telah terbit sampai 24.753 lembar. Selanjutnya akan terus disiapkan perharinya.

"Alhamdulillah berjalan lancar, Visa para jamaah juga tidak terkendala," ujarnya saat di temui di Graha bir Ali.

dr Zainul Muqorobin Wakil Ketua Bidang Kesehatan PPIH Embarkasi Surabaya mengatakan, dari total 14 orang yang tertunda keberangkatan itu, ada 3 orang yang harus dipulangkan ke daerahnya karena menyangkut kondisi kesehatan dan satu orang mengundurkan diri.

"Ada satu orang perempuan di kloter 19 yang hamil empat minggu. Menurut ketentuan, usia kehamilan yang aman untuk terbang itu di atas 12 Minggu dan kurang dari 26 Minggu dan sudah menjalani vaksin meningitis," katanya.

Ia menandaskan dari kesemuanya jamaah yang masih bertahan di RSU Haji. Dapat diberangkatkan dengan kloter selanjutnya apabila sudah sehat.

Reporter: Fahrizal Tito
Editor: Erwin Yohanes

 

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter