Pixel Code jatimnow.com

Berkualitas Ekspor, Kacang Hijau Bojonegoro Tembus Pasar Filipina

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Sahlul Fahmi
Pelepasan Ekspor kacang hijau.(Foto: Dok. PT Agro Tani Sukses Sejahtera)
Pelepasan Ekspor kacang hijau.(Foto: Dok. PT Agro Tani Sukses Sejahtera)

Gresik - PT Agro Tani Sukses Sejahtera selaku eksportir kacang hijau akan melakukan kerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro. Pihak PT Agro Tani Sukses Sejahtera menilai kualitas kacang hijau yang diproduksi petani Bojonegoro memliki kualitas tinggi yang mampu bersaing di pasar internasional.

Hal tersebut dikatakan Direktur Utama (Dirut) PT Agro Tani Sukses Sejahtera Sumanto Margosuwito. Ia mengungkapkan, pihaknya baru saja melakukan ekspor kacang hijau ke Filipina dari hasil panen para petani asal Kabupaten Bojonegoro.

“Kami baru saja melakukan ekspor kacang hijau sebanyak 5 kontainer ke Filipina. Kacang hijau tersebut sebagain besar kami dapatkan dari hasil panen petani asal Bojonegoro. Sebagian lagi berasal dari Kabupaten Lamongan,” kata Sumanto kepada jatimnow.com, Sabtu (17/9/2022).

Pada September 2022, Agro Tani Sukses menargetkan ekspor kacang hijau ke Filipina sebanyak 20 kontainer. Hal itu akan dilakukan secara bertahap. Tahap awal, 5 kontainer sudah dilakukan pengiriman. Sedangkan pengiriman tahap kedua sebanyak 15 kontainer masih dalam proses pengiriman.

Lantaran pihak importir memiliki kepuasan dengan kualitas kacang hijau asal Bojonegoro, tahun depan PT Agro Tani Sukses Sejahtera berinisiatif untuk melakukan kerja sama secara khusus dengan Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro. Dengan kualitas yang dimiliki, Sumanto optimistis kacang hijau asal Bojonegoro mampu bersaing di pasar internasional.

“Kacang hijau yang dihasilkan petani Bojonegoro kualitasnya bagus, sangat potensial untuk pasar internasional. Meski begitu, sebelum kami melakukan ekspor tentu akan lebih dulu mengamankan kebutuhan nasional. Jika kebutuhan nasional sudah cukup aman, sisanya baru akan kami ekspor,” ucap Sumanto.

Dirut PT Agro Tani Sukses Sejahtera Sumanto Margosuwito.(Foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)Dirut PT Agro Tani Sukses Sejahtera Sumanto Margosuwito.(Foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)

Baca juga:
Kacang Telur Kota Mojokerto Tembus Pasar Internasional

Pada 2021, PT Agro Tani Sukses Sejahtera mampu mengekspor 1.750 ton kacang hijau ke pasar internasional. Sebagian kacang hijau yang diekspor didapat dari hasil panen petani Gresik. PT Agro Tani Sukses Sejahtera secara resmi juga sudah menjalin kerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Gresik serta Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Gresik.

Dalam MoU yang dibuat, PT Agro Tani Sukses Sejahtera berkomitmen untuk turut andil meningkatkan kesejahteraan para petani. Pertama, PT Agro Tani Sukses Sejahtera akan meminjamkan bibit kacang hijau terbaik kepada para petani binaan yang dinaungi KTNA.

Kemudian saat panen raya biasanya harga jual akan jatuh, PT Agro Tani Sukses Sejahtera menjamin para petani tetap mendapatkan harga jual tinggi. PT Agro Tani Sukses Sejahtera telah menetapkan harga penyangga jual kacang hijau petani ke PT Agro Tani Sukses Sejahtera sebesar Rp14 ribu per kilogram.

“Jika saat panen raya harga di pasar jatuh di bawah Rp14 ribu, kami berani beli di harga Rp 14 ribu. Jika harga di pasar lebih dari Rp14 ribu, PT Agro Tani Sukses Sejahtera berani beli dengan harga lebih tinggi dari harga pasar. Komitmen kami adalah turut menyejahterakan petani,” tegas Sumanto.

Baca juga:
5 Berita Trending Pekan Ini, Nomor 1 Membuat Kita Tersadar

Sinergi yang dilakukan PT Agro Tani Sukses Sejahtera, Dinas Pertanian Kabupaten Gresik dan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Gresik telah membawa dampak besar bagi produktivitas kacang hijau di Kabupaten Gresik. Kini berada di peringkat ke 5 nasional.

Pernyataan tersebut dikatakan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman saat mengikuti panen raya kacang hijau dan tanam jagung bersama petani Desa Tulung, Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik.

"Saya melihat Kabupaten Gresik ini sangat luar biasa, karena produksi kacang hijaunya berada di urutan kelima di Indonesia. Karena itu saya menugaskan Dandim agar produksi kacang hijaunya bisa lebih meningkat lagi. Sehingga nantinya tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan di Gresik saja, tapi juga seluruh Indonesia," ujar KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman saat memberikan sambutan usai mengikuti panen raya kacang hijau dan tanam jagung, Kamis (1/9/2022).