Pixel Code jatimnow.com

Kemeriahan Parade Sepeda Tua, Ribuan Onthelis Kunjungi Kota Pasuruan

Editor : Arina Pramudita Reporter : Moch Rois
Event Parade Sepeda Tua di Kota Pasuruan. (Foto: Humas Pemkot Pasuruan/jatimnow.com)
Event Parade Sepeda Tua di Kota Pasuruan. (Foto: Humas Pemkot Pasuruan/jatimnow.com)

Pasuruan - Kota Pasuruan kembali menjadi tuan rumah event bersepeda. Kali ini ribuan onthelis atau para penghobi sepeda tua/onthel dari berbagai kota di Indonesia berkunjung ke Kota Pasuruan.

Kehadiran mereka untuk memeriahkan event bertajuk Parade Sepeda Tua yang diselenggarakan Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Pasuruan. Puncak kegiatan tersebut dilangsungkan Minggu (18/9/2022).

Nuansa klasik dari hadirnya berbagai tipe sepeda onthel jadul semakin kental ketika Gedung Harmoni yang merupakan bangunan bersejarah peninggalan kolonial menjadi venue pemberangkatan ribuan ontelis menyusuri Kota Pasuruan yang juga kaya akan kawasan heritage. Apalagi banyak dari peserta yang sengaja "cosplay" memakai busana khas tempo doeloe.

Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Wawali Adi Wibowo beserta jajaran Forkopimda juga hadir untuk menyapa sekaligus memberangkatkan para peserta Parade Sepeda Tua dari pelataran taman kota yang terletak di seberang gedung Harmoni.

Gus Ipul sesaat sebelum mengibarkan bendera start, mengatakan bahwa pihaknya sangat senang event semacam ini kembali digelar di Kota Pasuruan.

"Alhamdulillah dengan digelarnya event seperti ini banyak tamu dari berbagai daerah datang ke Kota Pasuruan. Hotel-hotel di Kota Pasuruan ikut merasakan dampak positif. Penuh sejak kemarin," ujar Gus Ipul.

Gus Ipul juga menegaskan gelaran Parade Sepeda Tua juga menjadi ajang perwujudan 'Golek Sehat Golek Seneng'. Menurutnya hal ini juga menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk mencintai sesuatu secara sungguh-sungguh seperti yang ditunjukkan para onthelis dalam mencintai serta merawat sepeda tuanya.

Baca juga:
Komplotan Perampas Sepeda Incar Pelajar di Sidoarjo, Waspadai Modus Ini!

"Diawali cinta terhadap keluarganya, cinta kepada sepeda tuanya, cinta komunitas, maka Kosti dengan event ini juga mewujudkan Golek Sehat Golek Seneng," ucapnya.

Gus Ipul melepas ribuan onthelis yang terlibat dalam Parade Sepeda Tua di Kota Pasuruan.Gus Ipul melepas ribuan onthelis yang terlibat dalam Parade Sepeda Tua di Kota Pasuruan.

Melihat animo peserta parade sepeda tua, Gus Ipul juga membuka kemungkinan event serupa akan kembali digelar dalam beberapa waktu yang akan datang. Hal ini sejalan dengan pogram Pemkot untuk menyemarakkan berbagai event menjelang bergulirnya MTQ Jawa Timur tahun 2023 di Kota Pasuruan.

"Kalau sekarang Kosti yang menggelar kegiatan, maka nanti gantian. Pemkot yang secara khusus akan menggelar parade sepeda tua sebagai bagian dari menyambut MTQ Jawa Timur 2023 dimana Kota Pasuruan menjadi tuan rumahnya," katanya.

Baca juga:
Terobos Palang Pintu, Kakek Bersepeda Tersambar Kereta Api di Surabaya

Di sisi lain penyelenggaraan parade sepeda tua kali ini juga menjadi berkah bagi para pelaku UMKM. Selain kegiatan ngontel bersama, di area taman kota juga didirikan stan bagi para pedagang aksesoris sepeda tua. Wali Kota dan Wawali sempat mengunjungi dan bercengkerama sejenak dengan para pedagang ini.

Mereka ada yang berasal dari wilayah Pasuruan Raya, bahkan beberapa juga datang dari luar Jawa Timur. Yang menarik Gus Ipul sempat terperanjat ketika menanyakan harga salah satu sepeda tua bermerk Simplex yang dijual berharga hingga Rp25 juta.

Selain penjual aksesoris sepeda, terdapat pula pedagang makanan dan minuman yang juga mendirikan stand-nya selama event ini berlangsung.