Pixel Code jatimnow.com

Persaingan Ketat 5 Parpol di Jatim Pada Pemilu 2024

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Ni'am Kurniawan
Hasil survei ARCI (Foto: Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)
Hasil survei ARCI (Foto: Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)

Surabaya - PKB, PDI Perjuangan, Gerindra, Golkar dan Demokrat diprediksi masih bersaing ketat dalam pemilihan umum (pemilu) di Jatim 2024.

Persaingan 5 partai politik (parpol) di Jatim itu ditunjukan dari hasil survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) yang dirilis, Senin (19/9/2022).

Direktur ARCI, Baihaki Sirajt mengungkapkan, 5 partai tersebut diprediksi masih akan bersaing secara kompetitif untuk menggaet simpati masyarakat Jawa Timur.

"PKB masih jadi parpol dengan elektabilitas tertinggi di Jatim. Namun, angkanya dengan PDIP cukup ketat," ucap Baihaki.

Dari hasil survei ARCI, jika pemilu dilakukan hari ini, PKB masih memimpin kepercayaan masyarakat, dengan perolehan 16,8 persen. Disusul PDIP 16,1 persen dan Gerindra 15,4 persen. Selanjutnya ada Golkar 10,2 persen dan Demokrat 9,7 persen.

Golkar dan Demokrat mulai naik secara elektabilitas dibanding survei sebelumnya. PKB juga mengalami peningkatan secara elektabilitas, tapi cenderung lambat, dibandingkan PDIP dan Gerindra.

Baca juga:
Panwascam di 8 Kecamatan Ini Sepi Peminat Hingga Jelang Penutupan Pendaftaran

"Hari ini parpol yang sudah di atas 10 persen ada PKB, PDIP, Gerindra, Golkar dan Partai Demokrat melengkapi lima besar," imbuhnya.

Diketahui, PKB, PDIP, Gerindra, Golkar dan Demokrat dalam pemilu sebelumnya juga bersaing ketat. Kelima parpol itu terbukti menduduki kursi Pimpinan DPRD Jawa Timur.

Di antaranya Kusnadi (PDIP) sebagai Ketua DPRD Jatim, Wakil Ketua Anik Maslachah (PKB), Anwar Sadad (Gerindra), Sahat Tua Simanjuntak (Golkar) dan Achmad Iskandar (Demokrat).

Baca juga:
5 ASN di Tulungagung Melapor Namanya Tercatut Jadi Anggota Parpol

"Posisi peringkat pertama masih cukup ketat antara PKB dan PDIP, semua masih memungkinkan. Namun untuk pakem 5 besar ini, jaraknya cukup jauh dengan partai-partai di bawahnya," tandas Baihaki.

Survei ARCI dilakukan pada 5-12 September 2022 di seluruh 38 kabupaten dan kota di Jatim. Survei ini menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah responden sebanyak 1.200 dengan margin of error sebesar 2,8%.

Berikut hasil survei ARCI elektabilitas parpol di Jatim:
1. PKB: 16,8%
2. PDI Perjuangan: 16,1%
3. Gerindra: 15,4%
4. Golkar 10,2%
5. Demokrat: 9,7%
6. NasDem: 6,3%
7. PPP: 4,1%
8. PKS: 3,9%
9. PAN: 2,9%
10. Perindo: 2,3%
11. PSI: 1,5%
12. Gelora: 0,5%
Tidak menjawab/tidak mengetahui: 10,3%