Pixel Code jatimnow.com

Info Maszeh! Bawaslu Kota Pasuruan Buka Lowongan Petugas Pengawas Pemilu Lho

Editor : Arina Pramudita Reporter : Moch Rois
Sosialisasi rekrutmen pengawas pemilu di Kota Pasuruan. (Foto: Moch Rois/jatimnow.com)
Sosialisasi rekrutmen pengawas pemilu di Kota Pasuruan. (Foto: Moch Rois/jatimnow.com)

Pasuruan - Bawaslu Kota Pasuruan membuka lowongan panitia Ad Hoc pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) untuk ditugaskan di Kecamatan (Panwascam) se-Kota Pasuruan.

Ketua Bawaslu Kota Pasuruan, Moh Anas mengatakan, pendaftaran Panwascam mulai dibuka Rabu (21/9/2022) sampai Selasa (27/9/2022).

"Kami telah menyosialisasikan kepada seluruh Pak Lurah dan Pak Camat, agar ikut mendorong warganya mendaftar Panwascam," jelas Moh Anas.

Anas mengatakan, di setiap kecamatan, Bawaslu membutuhkan 3 orang personel Panwascam. Mengingat ada 4 kecamatan di Kota Pasuruan. Artinya Bawaslu akan merekrut 12 orang Panwascam untuk ditugaskan di masing-masing kecamatan.

Perekrutan ini memperhatikan keterwakilan perempuan 30%. Jika dalam perjalanan perekrutan jumlah pendaftar perempuan kurang dari 30%, maka akan diperpanjang.

Baca juga:
5 ASN di Tulungagung Melapor Namanya Tercatut Jadi Anggota Parpol

"Untuk gaji yang diterima seriap Panwascam saya belum bisa menjelaskan. Sedangkan untuk syarat pendaftaran bisa dilihat di website kami," ungkapnya.

Selain itu, Bawaslu Kota Pasuruan juga masih butuh banyak kontribusi warga untuk mengawasi jalannya Pemilu serentak pada 2024 mendatang.

Setelah perekrutan Panwascam rampung, Bawaslu akan membuka lowongan kerja lagi panitia pengawasan pemilu di tingkat kelurahan (Panwaskel) dan pengawas pemilu di setiap TPS.

Baca juga:
19 Warga Mojokerto Dicatut Anggota Parpol, Termasuk 2 ASN

Di setiap kelurahan Bawaslu akan merekrut 1 orang Panwaskel. Artinya, Bawaslu butuh 34 personel. Sementara pengawas TPS lebih besar lagi, sebab 1 TPS membutuhkan 1 pengawas TPS.

"Kalau merujuk Pemilu 2019, di Kota Pasuruan ada sekitar enam ratusan TPS. Untuk teknisnya rekrutmen Panwaskel nanti ditangani oleh Panwascam," tandasnya.