Pixel Code jatimnow.com

Begini Kronologi Hilangnya Pelajar di Kali Konto Jombang Hingga Ditemukan Tewas

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Elok Aprianto
Upaya evakuasi jasad korban dari sungai atau Kali konto, Desa Kayen, Kecamatan Bandarkedungmulyo.(Foto: BPBD Kabupaten Jombang)
Upaya evakuasi jasad korban dari sungai atau Kali konto, Desa Kayen, Kecamatan Bandarkedungmulyo.(Foto: BPBD Kabupaten Jombang)

Jombang - Nur Huda (12), pelajar asal Dusun Semelo, Desa Kayen, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Jombang, dinyatakan hilang di Sungai Konto, Jumat (23/9). Korban hilang secara misterius saat bersama temannya yang hendak ke jembatan gantung di Gondangmanis, Bandarkedungmulyo. Belum sampai ke tempat tujuan awal, pakaian beserta sepeda korban ditemukan tergeletak di pinggir Sungai Konto oleh teman-temannya.

"Kira-kira pukul 13.00 WIB, korban beserta 6 temannya berangkat dari rumah mau ke jembatan gantung. Namun di tengah jalan, korban berhenti. Sedangkan 6 temannya melanjutkan perjalanan ke jembatan gantung," ungkap Kalaksa BPBD Kabupaten Jombang Bambang Dwijo, Sabtu (24/9/2022).

"Kemudian 6 temannya telah selesai bermain di jembatan gantung dan hendak kembali pulang. Kira-kira sekitar pukul 14.30 WIB, 6 temannya melihat sepeda dan pakaian korban tergeletak di pinggir sungai. Selanjutnya, 6 temannya membawa sepeda dan pakaian korban pulang ke orang tua korban," sambung Bambang.

Mendapatkan informasi bahwa anaknya hilang, pihak keluarga selanjutnya melaporkan peristiwa itu ke pemerintah desa dan diteruskan ke BPBD Kabupaten Jombang pada pukul 15.50 WIB.

"Setelah laporan diterima petugas, selanjutnya tim diturunkan untuk melakukan asesment. Pengecekan di lokasi titik akhir korban terlihat," ujar Bambang.

Baca juga:
Warga Malang yang Dilaporkan Hilang di Sungai Brantas Ditemukan Tewas

Sekitar pukul 2.30 WIB, warga yang melakukan upaya pencarian di lokasi melihat sesosok mayat yang mengapung di kali Konto.

"Seorang warga melihat jenazah mengapung di radius sekitar 700 meter dari titik akhir korban terlihat. Akhirnya dievakuasi ke darat untuk selanjutnya dilakukan identifikasi," paparnya.

Baca juga:
Warga Malang Dilaporkan Terseret Arus Sungai Brantas

Dari hasil pengecekan petugas, keluarga dan pihak pemerintah desa, diketahui bahwa jenazah tersebut merupakan Nur Huda yang telah dilaporkan hilang secara tiba-tiba di Sungai Konto.

"Setelah dinyatakan benar bahwa jenazah tersebut adalah Nur Huda dan jenazah dibawa menuju ke rumah duka untuk dilakukan pemandian beserta pemakaman," pungkas Bambang.