Pixel Code jatimnow.com

Momen Pataka Provinsi Jatim Jer Basuki Mawa Beyo Singgah di Trenggalek

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Bramanta Pamungkas
Prosesi penyerahan Pataka Pemprov Jatim di Trenggalek (Foto-foto: Kominfo Trenggalek)
Prosesi penyerahan Pataka Pemprov Jatim di Trenggalek (Foto-foto: Kominfo Trenggalek)

Trenggalek - Dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur, Pataka Jer Basuki Mawa Beyo dikirab keliling 38 kabupaten dan kota. Salah satu daerah yang disinggahi adalah Trenggalek.

Rencananya, setelah diterima oleh Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhamad Natanegara, Minggu (25/9/2022) di Pendopo Manggala Praja Nugraha, lambang Provinsi Jatim itu akan singgah semalam di Bumi Menaksopal Trenggalek.

Menerima Pataka ini, wabup yang akrab disapa Syah itu merasa bangga karena daerahnya turut menjadi bagian dalam peringatan Hari Jadi ke-77 Provinsi Jatim.

Dengan slogan Jatim Bangkit yang digaungkan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, diharapkan dapat menambah semangat untuk Trenggalek bisa bangkit dan pulih lebih cepat.

Prosesi penyerahan Pataka Pemprov Jatim di TrenggalekProsesi penyerahan Pataka Pemprov Jatim di Trenggalek

Pataka Jer Basuki Mawa Beyo dikirab dari Pendopo Kongras Arum Kusumaning Bangsa Tulungagung menuju Pendopo Manggala Praja Nugraha Trenggalek, hari ini.

Baca juga:
Cara Mas Ipin Kendalikan Inflasi di Trenggalek

Rencananya akan dikirab kembali ke Pacitan pada Senin (26/9/2022). Trenggalek merupakan kabupaten ke-20 yang disinggahi Pataka Jer Basuki Mawa Beyo Jawa Timur.

"Alhamdulillah hari ini Kabupaten Trenggalek menerima kirab pataka dari Kabupaten Tulungagung dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur," ujar Mas Syah.

Mantan Anggota DPRD Trenggalek ini mengajak semua lapisan masyarajat untuk berdoa mendoakan Jawa Timur lebih maju. Selain itu pada peringatan Hari Jadi Pemrpov Jatim ini diharapkan membawa keberkahan dan kebahagiaan bagi seluruh warga.

Baca juga:
Trenggalek Raih Penghargaan Peningkatan Indeks Daya Saing Digital Daerah

Prosesi penyerahan Pataka Pemprov Jatim di TrenggalekProsesi penyerahan Pataka Pemprov Jatim di Trenggalek

"Setelah dari Trenggalek, Kasatpol PP akan mengantar Pataka ke Pacitan. Kemudian dari Pacitan ke ke Ponorogo dan kabupaten-kabupaten seterusnya. Kita termasuk kabupaten ke-20," tambahnya.

Direncanakan, pataka ini akan dikirab keliling 38 kabupaten dan kota di Jatim dengan jarak tempuh 2.000 kilometer. Berangkat Jumat (16/9/2022) lalu, saat launching rangkaian kegiatan Hari Jadi ke-77 Jawa Timur dan dijadwalkan akan kembali ke Gedung Negara Grahadi 11 Oktober 2022 nanti.

Peristiwa

Mengenal Siklus dan Gejala Erupsi Semeru

"Siklus erupsi gunung api aktif bermacam-macam. Bisa satu tahun sekali, setiap bulan, bahkan setiap hari," kata Pakar Geologi ITS, Amien Widodo.