Jelang Nyepi, Kapal Ferry Ketapang-Gilimanuk Diperiksa Kelaikan


Petugas Perhubungan meninjau kelaikan dan perlengkapan kapal.

jatimnow.com - Jelang Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940, Sabtu (17/3/2018), Koordinator Pelayanan Ketapang Jawa Timur melaksanakan pengecekan kelaikan kapal Ferry penyeberangan Ketapang-Gilimanuk.

Kepala Satuan Pelayanan Ketapang Jawa Timur, Rocky Surentu mengatakan, selaku pemerintah bidang perhubungan pihaknya melakukan koordinasi dengan seluruh pihak, untuk meninjau persiapan menjelang Hari Raya Nyepi.

"Sebagai pemerintah bidang perhubungan, kami menyiapkan segala antisipasi yang dibutuhkan oleh pengguna jasa Ketapang-Gilimanuk," kata Surentu di ASDP Ketapang, Kamis (8/3/2018).

Surentu mengatakan, ramp check dilakukan terhadap seluruh kelengkapan kapal, mulai dari kebersihan tempat penumpang, anak buah kapal (ABK), pelampung, alat pemadam kebakaran, hingga kecepatan kapal.

Selain itu, yang menjadi otoritas dan prioritas dalam pelayanan terkait kenyamanan pengguna jasa telah dikoordinasikan.

Seperti kantong-kantong parkir kendaraan bersama pihak ASDP Ketapang, kepolisian, dan TNI.

"Itu yang kita koordinasikan dengan pihak-pihak terkait untuk mempersiapkan kapal-kapal. Termasuk lashing kapal yang menjadi unsur keselamatan kapal," ujarnya.

Sementara itu, General Manager PT ASDP Ketapang Indonesia Ferry, Elvi Bisa mengatakan, persiapan menjelang Hari Raya Nyepi secara umum tidak ada kendala. Mulai dari loket penumpang, loket roda dua, hingga loket roda empat telah kita maksimalkan.

"4 loket untuk roda empat dan truk kita operasikan semua. Untuk roda dua semula 1 loket kita tambah 1 dan tiket online. Untuk kapal ada 32 kapal kita maksimalkan," kata Elvi.

Sedangkan untuk kantong parkir kendaraan besar telah disiapkan di 3 titik. Ia mengaku, berdasarkan dari pengalaman pada hari raya Idul Fitri tahun lalu dan tahun baru 2018, ke tiga kantong parkir yang ada di Bulusan, lahan milik PT KAI dan terminal Sritanjung mampu menampung kendaraan-kendaraan besar.

"Lokasi kantong parkir kita cukup luas untuk menghindari kemacetan dan antrian panjang," tambahnya.

Reporter: Hafiluddin Ahmad
Editor: Erwin Y


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter