Puluhan Ayam di Banyuwangi Ditemukan Mati Tanpa Gejala Sakit

Editor: Arif Ardianto / Reporter:

Salah satu ayam milik warga di Banyuwangi mati misterius

jatimnow.com - Ayam peliharaan warga di Dusun Mangli, Desa Karangsari, Kecamatan Sempu, Banyuwangi, mati secara misterius dalam kurun tiga hari terakhir, Kamis (26/7/2018). Ayam-ayam tersebut mati tanpa menunjukkan gejala sakit terlebih dahulu.

Galih, Salah satu warga setempat mengatakan, sebanyak 15 ayam miliknya mati secara bergantian dengan rentang waktu yang tidak lama. Bahkan, proses kematian ayam-ayam tersebut dirasa janggal.

"Padahal sebelumnya itu sempat lari-lari lo, lha kok tiba-tiba berhenti langsung mati kaku. Inikan aneh," ungkap Galih.

Sebab itu juga, Galih merasa heran sekaligus khawatir dengan fenomena tersebut. Karena sebelum mati, tidak terlihat gejala sakit pada hewan ternaknya. Semua seperti terlihat baik-baik saja.

"Matinya mendadak dan aneh pokonya," tegasnya.

Kematian ayam secara massal ini membuat was-was masyarakat, khususnya para peternak ayam. Mereka khawatir, penyakit misterius ini semakin meluas.

"Kami takut kalau penyakit misterius ini menyebar luas. Untuk antisipasi, bangkai ayam yang mati langsung dibakar atau dikubur," cetusnya.

Kepala Dinas Pertanian Banyuwangi, Arief Setiawan mengaku akan segera mengirimkan petugas untuk lakukan tinjau lapangan. Sebab itu, dia tidak mau terburu-buru menyimpulkan apa penyebab kematian ayam-ayam tersebut.

"Belum bisa kita sebutkan, perlu tinjau ke lapangan untuk memastikannya. Segera saya kirimkan petugas ke lokasi," ujarnya.

Reporter: Irul Hamdani
Editor: Arif Ardianto

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter