Pixel Code jatimnow.com

Komdis PSSI Temukan Kelalaian, Jatuhkan Sanksi Ini untuk Arema FC dan Panpel

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Galih Rakasiwi
Konferensi pers PSSI. (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)
Konferensi pers PSSI. (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)

 

jatimnow.com - Hasil investigasi Komdis PSSI menilai panitia penyelenggara pertandingan Arema vs Persebaya lalai sehingga menyebabkan banyak korban jiwa. Hal itu disampaikan oleh Ketua Komdis PSSI, Erwin Tobing.

"Kami temukan ada kelalaian dari Panpel atau pelaksana pertandingan terutama security officer atau steward," ujarnya saat konferensi pers di salah satu hotel Kota Malang, Selasa (4/10/2022).

Dari investigasi tersebut Komdis memutuskan sanksi kepada Arema FC selaku tuan rumah yaitu dilarang menyelenggarakan pertandingan dengan penonton sebagai tuan rumah dan harus dilaksanakan jauh dari home base Malang, dengan jarak 250 Km dari lokasi.

Baca juga:
PSSI Klaim Telah Jalankan Rekomendasi Komnas HAM soal Tragedi Kanjuruhan

"Lalu Arema juga dikenai sanksi Rp250 juta, pengulangan pelanggaran terkait di atas berakibat hukuman lebih berat. Komdis juga memberikan sanksi kepada Ketua Panpel pertandingan Arema Vs Persebaya, yakni Abdul Haris.

"Abdul Haris dinilai bertanggung jawab besar atas kelancaran pertandingan. Lalu security officer Arema, Suko Sutrisno dia tidak boleh lagi beraktifitas di dunia sepakbola selamanya," tegasnya.

Baca juga:
PSSI Putuskan Percepat Kongres Pemilihan

Sebab stewart seharusnya bisa mengantisipasi kemungkinan kerumunan. Selanjutnya pintu yang seharusnya dibuka tapi ditutup serta penerangan lampu stadion.

"Atas hal itu, Komdis memberi sanksi larangan beraktivitas seumur hidup di lingkungan sepak bola," tutupnya.