Pixel Code jatimnow.com

Tari Remo Pelajar Jombang Sambut Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Elok Aprianto
Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya saat tiba di Pendopo Kabupaten Jombang (Foto: Humas Pemkab Jombang)
Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya saat tiba di Pendopo Kabupaten Jombang (Foto: Humas Pemkab Jombang)

jatimnow.com - Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Optimis Jatim Bangkit tiba di Pendopo Kabupaten Jombang, Selasa (4/10/2022) sore. Kedatangan peserta kirab disambut tari remo pelajar.

Kirab pataka ke seluruh kabupaten dan kota di Jatim itu dimulai 16 September 2022 dan akan berakhir pada 11 Oktober 2022.

Pataka dijemput di perbatasan Jombang-Lamongan, setelah sebelumnya singgah di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan.

Dan saat sampai di Ringin Contong, kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya disambut pawai komunitas kendaraan dan drumband di depan Kodim 0814. Pataka lalu dikirab menuju Pendopo Kabupaten Jombang.

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab bersama Forkopimda serta para kepala OPD menyambut kedatangan pataka melalui prosesi upacara yang diikuti Kodim 0814, Satradar, Polres, Satpol PP, Linmas, Damkar, BPBD, Dishub, ASN, Banser, Pemuda Pancasila hingga FKPPI.

Dalam upacara dilaksanakan serah terima pataka dari Kasatpol PP Lamongan kepada Bupati Jombang. Selanjutnya, Bupati Mundjidah menyerahkan pataka tersebut kepada Kasatpol PP Kabupaten Jombang. Bupati juga menerima Ripta Prasasti (prasasti yang ditulis di atas daun lontar atau daun tal).

Bupati Mundjidah mewakili masyarakat dan Pemkab Jombang menyampaikan terimakasih dan memberikan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada Satpol PP Kabupaten Lamongan beserta jajaran tim kirab atas seluruh semangat dan upayanya dalam membawa pataka hingga sampai di Jombang.

"Kirab Bendera Pataka lambang Provinsi Jawa Timur, Jer Basuki Mawa Beya ini sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-77 yang akan diperingati pada 12 Oktober nanti," ungkap Bupati Mundjidah.

Baca juga:
13 Tokoh Terima Lencana Jer Basuki Mawa Beya Kategori Perak

Dia menyebut, kirab pataka ini diharapkan bisa menginspirasi dan memotivasi masyarakat Jombang dengan slogan, Optimis Jatim Bangkit yang digaungkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

"Saya berharap bisa menambahkan semangat warga Jombang untuk bangkit, pulih lebih cepat, dalam menggerakkan perekonomian daerah dan membangun daerah menuju kesempurnaan," tambahnya.

Dia menambahkan, kirab pataka juga menjadi momentum di mana seluruh pemerintah kabupaten dan kota di Jatim, diharapkan dapat memperkuat sinergitas dan kolaborasi dan kerjasama dalam membangun.

"Sebagaimana arahan Gubernur Provinsi Jawa Timur, Ibu Khofifah Indar Parawansa, sinergitas, kolaborasi dan kerjasama adalah kunci keberhasilan menuju pembangunan dan kesejahteraan masyarakat," tutur dia.

Baca juga:
Belasan OPD Pemprov Jatim Terima Medali Jer Basuki Mawa Beya Perak

"Selamat Hari Jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur. Berharap Provinsi Jatim ke depannya, dapat terus bersinergi dan berkolaborasi dengan seluruh kabupaten dan kota, termasuk dengan Kabupaten Jombang," sambung Bupati Mundjidah.

Pataka Jer Basuki Mawa Beya selanjutnya diberangkatkan dari Kabupaten Jombang menuju Mojokerto pada Rabu (05/10/2022) sekitar pukul 08.00 WIB.

Rombongan kirab membawa Bendera Merah Putih, Pataka Jer Basuki Mawa Beya, Pataka Satuan Polisi Pamong Praja-Praja Wibawa, Pataka Satuan Pelindungan Masyarakat-Linmas, Pataka Satuan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan-Yudha Brama Jaya, Bendera Logo Hari Jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur Tahun 2022.