Pixel Code jatimnow.com

Haul KH Abdul Hamid Berlangsung Khidmat Dihadiri Ribuan Jemaah dan Tokoh Publik

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Moch Rois
Gus Ipul saat memberi sambutan peringatan Haul ke-41 Al Arif Billah Al-Maghfurllah KH. Abdul Hamid bin Abdulloh Umar (Foto Pemkot Pasuruan)
Gus Ipul saat memberi sambutan peringatan Haul ke-41 Al Arif Billah Al-Maghfurllah KH. Abdul Hamid bin Abdulloh Umar (Foto Pemkot Pasuruan)

jatimnow.com - Peringatan Haul ke-41 Al Arif Billah Al-Maghfurllah KH. Abdul Hamid bin Abdulloh Umar pada Rabu (5/10/2022) berjalan dalam suasana yang khidmat.

Ribuan jemaah yang hadir tidak hanya berasal dari Kota Pasuruan. Namun juga datang dari berbagai kota di Indonesia. Kegiatan haul dipusatkan di area Pondok Pesantren Salafiyah, Kota Pasuruan.

Ribuan jemaah ini terkonsentrasi di beberapa titik. Selain di area sekitar Ponpes Salafiyah, banyak diantara jamaah yang mengikuti jalannya haul di sepanjang koridor Jl. Jawa dan beberapa ruas jalan yang terletak tidak jauh dari lokasi Haul.

Pemkot Pasuruan melalui Diskominfotik juga mengoperasikan videotron untuk menayangkan live streaming bagi jemaah yang tidak dapat menjangkau lokasi haul di Ponpes Salafiyah.

Di beberapa titik juga dioperasikan soundsystem agar warga yang tidak dapat hadir secara langsung tetap bisa mengikuti jalannya haul.

Pada momen peringatan haul ke 41 KH Abdul Hamid, beberapa tokoh publik juga hadir. Selain Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Wakil Wali Kota Adi Wibowo (Mas Adi), dan Ketua DPRD Kota Pasuruan Ismail Marzuki Hasan, juga tampak hadir di jajaran undangan VVIP adalah Menteri Pendayagunan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf juga hadir bersama Wakil Ketum PBNU KH Yahya Zulfa Musofa.

Beberapa kepala daerah tetangga, seperti Bupati Pasuruan dan Bupati Lumajang, para alim ulama serta tokoh publik lainnya juga tampak berada di tengah-tengah jamaah mengikuti jalannya haul tersebut.

Gus Ipul dalam sambutannya menyatakan rasa syukur atas lancarnya penyelenggaraan haul pada tahun ini. Ia juga menyampaikan permintaan maaf apabila dalam penyelenggaraan haul kali ini masih terdapat beberapa kekurangan dan ketidaknyamanan yang dirasakan oleh para jemaah.

"Kami mewakili Forkopimda Kota Pasuruan menyampaikan terimakasih atas kehadiran panjenengan semuanya serta kami mohon maaf apabila pada hari ini masih terdapat beberapa ketidaknyamanan," ujar Gus Ipul.

Baca juga:
Pemkot Pasuruan Salurkan Bantuan Sosial kepada 6.912 KPM

Gus Ipul juga menyampaikan bahwa momen pelaksanaan haul ini menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk berkumpul dalam satu majelis yang dihadiri banyak alim ulama.

"Hari ini menjadi momen emas bagi kami bisa sowan berkumpul dalam satu majelis bersama orang-orang sholeh para alim ulama yang selalu kita harapkan bimbingan serta doa doa nya yang penuh berkah," kata Gus Ipul.


Sementara Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, yang juga berkesempatan memberikan sambutan menyatakan kebahagiannya bisa hadir di tengah-tengah jamaah dan para alim ulama pada pelaksanaan haul tersebut.

Menurutnya, dirinya dan masyarakat harus mengambil keteladanan yang selama ini ditunjukkan oleh almarhum KH. Abdul Hamid.

Baca juga:
Pemkot Pasuruan Launching Aplikasi Pasuruan Book's Of Digital

"Kalau saya membaca manaqib Kiai Hamid dan mempelajari nasihat-nasihat beliau, banyak yang dapat kita ambil sebagai teladan. Beliau selalu memberikan nasihat yang teduh dan menyejukkan," kata Azwar Anas.

Di sisi lain, hari itu memang menjadi momen berkumpulnya beberapa alim ulama yang hadir di Ponpes Salafiyah. Tercatat beberapa ulama bergantian menyampaikan tausiah kepada ribuan jamaah yang hadir.

Seperti KH Syukron Ma'mun yang siang itu memberikan tausiyah tentang penguatan rasa kebangsaan umat Islam terhadap NKRI, KH Bahauddin Nur Salim (Gus Baha) yang juga memberikan ceramah agama dengan gaya khasnya.

Haul ke-41 Kiai Hamid ini ditutup dengan pembacaan surat Yaasin serta tahlil yang diikuti oleh ribuan jamaah secara khidmat.