Pixel Code jatimnow.com

Truk Tangki Pengangkut BBM Terguling Hingga Tutup Jalan

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Bramanta Pamungkas
Truk tangki BBM yang terguling di Blitar.(Foto: Polres Blitar)
Truk tangki BBM yang terguling di Blitar.(Foto: Polres Blitar)

jatimnow.com - Sebuah truk tangki bermuatan BBM terguling di Jalan Raya Bence, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar. Bodi truk menutup badan jalan utama Blitar-Malang. Akibatnya arus lalu lintas harus dialihkan melalui jalur alternatif. Hingga kini proses evakuasi belum dilakukan karena masih menunggu datangnya alat berat.

Kasi Humas Polres Blitar Iptu Udiono mengatakan truk tangki dengan nopol L 8851 UL ini dikemudikan Moch Aklik (47). Truk diketahui memuat bahan bakar jenis Pertalite sebanyak 8.000 liter dan Solar sebanyak 1.600 liter. Menurut sejumlah informasi, truk akan bongkar muatan di SPBU Bence. Namun sebelum masuk, sudah mengalami laka tunggal di Timur lokasi SPBU.

"Kejadian laka tunggal ini tadi sekitar pukul 01.30 WIB. Truk tangki melintas di depan gudang Bulog, Garum, truk mengalami selip kemudian terguling," ujarnya, Kamis (06/10/2022).

Truk tangki yang terguling menutup total jalan. Polisi kemudian mengalihkan arus lalu lintas dari arah Blitar menuju Malang. Untuk arus lalu lintas dari arah Malang hingga di Talun dialihkan ke Kendalrejo ke kiri menuju simpang tiga bendungan Wlingi Raya. Selanjutnya ke kanan menuju jalur selatan.

Baca juga:
Tabrak Median Jalan, Truk Terguling Tutupi Jalan Nasional Lamongan

Sementara kendaraan yang dari arah Kota Blitar, dialihkan menuju Simpang empat Jalan Bali menuju ke Timur. Atau dialihkan di wilayah Tinggal menuju jalur Selatan.

"Badan truk tangki menutup jalan utama. Jadi sementara akses Malang-Blitar kami alihkan untuk proses evakuasi," terangnya.

Baca juga:
Mobil Box Tabrak Truk Tangki di Mojokerto, Sopir Terjepit

Dari hasil pemeriksaan sementara, truk diduga kuat mengalami selip karena jalan licin setelah hujan deras. Hingga saat ini petugas masih menunggu alat berat untuk mengevakuasi badan truk tangki. Proses evakuasi juga berkoordinasi dengan Depo Pertamina Malang.

"Dari olah TKP, dugaan awal terjadinya kecelakaan karena ban selip disebabkan badan jalan licin saat hujan deras," pungkasnya.