Pixel Code jatimnow.com

467 Siswa SMKN Dites Urine, Begini Hasilnya

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Zainul Fajar
Tes urine ratusan siswa SMK (Foto: Zainul Fajar/jatimnow.com)
Tes urine ratusan siswa SMK (Foto: Zainul Fajar/jatimnow.com)

jatimnow.com - 467 siswa di SMKN 1 Jabon dites urine oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sidoarjo, Kamis (13/10/2022).

Tes urine secara mendadak tersebut digelar sebagai upaya menekan pengedaran narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan pelajar Sidoarjo.

Kepala BNNK Sidoarjo, RM Thohir mengatakan, tes urine ini digelar juga dalam rangka mengantipasi tingkat kerawanan pada titik-titik perbatasan kota.

"Tentunya untuk daerah Jabon ini kan termasuk perbatasan kota. Biasanya di perbatasan tingkat kerawanannya juga tinggi seperti di perbatasan Surabaya," ujar Thohir.

Thohir menegaskan bahwa pihaknya sangat terbuka bagi seluruh sekolah yang ada di Sidoarjo apabila ingin berkolaborasi dalam upaya menekan angka peredaran narkotika.

Baca juga:
Ini Tampang Bandar Sabu Berkedok Pengelola Rumah Kos di Surabaya

"Sekali lagi kami tegaskan bahwa kami terbuka untuk sekolah di Sidoarjo apabila ingin bersinergi. Wujud kolaborasinya nanti macam-macam. Bisa dengan penyuluhan ataupun dengan tes urine ini," imbuhnya.

Sementara Kepala Sekolah SMKN 1 Jabon, Imam Soetopo menambahkan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan secara mendadak.

"Tentunya kami tidak ingin kecolongan, siswa-siswi kami harus bebas dari narkoba. Syukur alhamdulillah ini tadi secara BAP keseluruhan siswa yang dites urine hasilnya negatif," ungkap Imam.

Baca juga:
Sopir-Awak Bus di Terminal Rajekwesi Bojonegoro Dicek Kesehatan dan Dites Urine

Dia menyebut bahwa apabila ada siswanya yang ketahuan positif narkoba, maka akan disanksi.

"Sanksi paling berat ya dikeluarkan. Dan hal seperti ini sudah kita sampaikan ke wali murid semuanya. Alhamdulillah wali murid juga mendukung," pungkasnya.