Pixel Code jatimnow.com

Duka Tragedi Kanjuruhan, Pemkot Tunda Perayaan Hari Jadi ke-21 Kota Batu

Editor : Arina Pramudita Reporter : Galih Rakasiwi
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko. (Foto: Diskominfo Kota Batu/jatimnow.com)
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko. (Foto: Diskominfo Kota Batu/jatimnow.com)

jatimnow.com - Pemkot Kota Batu memutuskan menunda sementara pelaksanaan Hari Jadi ke-21 Kota Batu yang sedianya berlangsung 17 Oktober 2022. Penundaan menyusul duka mendalam akibat tragedi di Stadion Kanjuruhan.

Meski demikian, kegiatan yang bersifat tradisi, seperti ziarah ke para tokoh, anjangsana hingga doa bersama, tetap digelar.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, menuturkan peringatan Hari Jadi Kota Batu menyesuaikan dengan kondisi duka yang masih menyelimuti Jawa Timur. Kegiatan yang bersifat ingar-bingar ditunda hingga batas waktu tertentu.

"Kegiatan yang sifatnya keceriaan itu kita tunda dulu sampai kondisi memungkinkan. Mungkin akan kita gelar pada November," terang Dewanti, Jumat (14/10/2022).

Baca juga:
Tingkatkan Kapasitas Guru, Revo Edu Gelar IWSER

Kegiatan yang bersifat sosial dan religi tetap dilaksanakan, seperti agenda ziarah makam para tokoh bedah karawang Kota Batu. 7 tokoh yang akan dikunjungi antara lain Mbah Mayangsari di Desa Pesanggrahan, Mbah Patok, Mbah Mbatu di Desa Bumiaji.

Selain itu, Pemkot akan menyambangi makam mantan Wali Kota Batu pertama (alm) H. Imam Kabul di TPU Sama’an Kota Malang, (alm) H. Khudori di TPU Pare, Kediri; dan (alm) Mashun Abdurrahman di TPU Kecamatan Tumpang.

Baca juga:
DPRD Kota Batu Usulkan 3 Calon Pj Wali Kota, Ada Nama Kadiskominfo Jatim

Agenda ini akan dilakukan oleh Wali Kota, Wakil Wali Kota, dan seluruh pejabat Forkopimda.

"Tradisi ini dilakukan sebagai wujud penghormatan atas jasa para tokoh yang membangun Kota Batu hingga semaju sekarang," jelas Dewanti.