jatimnow.com

Bus Tingkat di Surabaya Diuji Coba, Begini Langkah Polisi

Bus tingkat di Surabaya saat diuji coba di jalanan Surabaya/Foto: Arry Saputra 🔍
Bus tingkat di Surabaya saat diuji coba di jalanan Surabaya/Foto: Arry Saputra

jatimnow.com – Satlantas Polrestabes Surabaya juga melakukan berbagai persiapan untuk mengawal rute perjalanan bus tingkat atau double deck di Surabaya.

Persiapan itu pun semakin dimatangkan setelah Dishub Surabaya melakukan uji coba bus tingkat itu dengan rute ITS-Unesa Lidah Kulon, Minggu (29/7/2018) malam.

Kasatlantas Polrestabes Surabaya, AKBP Eva Guna Pandia mengatakan, pihaknya menjadi bagian dari rapat koordinasi pertama terkait jalur bus tingkat tersebut.

Loading...

"Kami masih menunggu jalur fix yang ditentukan oleh rekan-rekan Dishub (Kota Surabaya)," kata Pandia, Senin (30/7/2018). 

Baca juga: Di Surabaya, Bus Tingkat Rute ITS-Unesa Diuji Coba

Menurut Pandia, pada saat rapat koordinasi pertama, yang menjadi fokus pembahasan adalah jalur dari dan ke Unesa Lidah hingga ITS. Pasalnya, bus yang akan dioperasionalkan itu adalah bus tingkat, sehingga untuk jalur harus dipastikan tidak ada rintangan, baik kabel, pohon atau lainnya. 

"Jika jalur sudah fix, tentu kami siap melakukan pengamanan jalurnya. Dengan pola-pola kami (Satlantas)," tegas Pandia. 

Baca juga: Uji Coba Bus Tingkat di Surabaya, Apa Saja Kendalanya?

Diberitakan sebelumnya, bus tingkat milik Kota Surabaya bantuan dari Bank Mayapada sudah diuji coba dengan rute timur barat. Uji coba itu dilakukan untuk mengetahui hambatan-hambatan apa saja yang ada sepanjang jalur.

Hasilnya, ternyata masih ada kabel dan ranting pohon yang masih rendah dan menghambat jalur bus tingkat itu. Bahkan, ditemukan pula halte yang masih jadi parkir liar.

Oleh karena itu, Dishub Surabaya langsung berkoordinasi dengan DKRTH untuk membantu menebang ranting atau pohon-pohon yang dirasa mengganggu bus tingkat saat beroperasi.

 

Reporter: Narendra Bakrie

Editor: Arif Ardianto