Pixel Code jatimnow.com

Semester Awal 2018, 1.841 Wanita di Blitar Menjanda

Pengadilan Negeri Agama Blitar
Pengadilan Negeri Agama Blitar

jatimnow.com - 1.841 pasangan suami istri (Pasutri) di Blitar baik wilayah Kota maupun Kabupaten mengajukan permohonan perceraian. Jumlah ini terdiri dari cerai gugat dari pihak istri dan cerai talak yang diajukan sang suami.

Tingginya permohonan perceraian ini terjadi pada kurun waktu Januari hingga Juli 2018. Faktor ekonomi, menjadi faktor utama Pasutri ingin pisah ranjang. Ini berarti ada sekitar 1.841 wanita di Blitar yang menjadi calon janda.

"Kebanyakan faktor ekonomi. Pihak wanita banyak yang kerja di luar negeri Sehingga mengajukan perceraian melalui pengacara," Kata Humas Pengadilan Agama Blitar Muhammad Fadli, Selasa (31/07/2018).

Dadi perkara perceraian yang masuk kebanyakan dilakukan oleh sang istri. Tercatat, 1.129 cerai gugat telah diajukan oleh pihak istri. Sedangkan 712 sisanya merupakan cerai talak oleh sang suami.

Baca juga:
Rumah di Kediri Terbakar, Pasutri Tidur Nyaris Terpanggang

Selain karena ekonomi, faktor lain pengajuan perceraian didasari oleh orang ketiga. Fadli menambahkan, dari 1.841 perkara perceraian yang diajukan, sebagian telah diselesaikan.

"Ada yang sudah diselesaikan, ada juga yang sekarang masih dalam proses persidangan, " pungkasnya.

Baca juga:
Pencurian Toko Perlengkapan Bayi Kota Batu Terekam CCTV, Pelaku Diduga Pasutri

Reporter: CF Glorian
Editor: Erwin Yohanes