Pixel Code jatimnow.com

Bupati Jombang Berangkatkan Ekspor Perdana Rajangan Daun Talas Ke Australia

Editor : Redaksi Reporter : Advertorial
Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab saat memberangkatkan kontainer pengangkut rajangan daun talas bening untuk diekspor ke Australia dari Kantor Kecamatan Kabuh. (foto: Elok APrianto/jatimnow.com)
Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab saat memberangkatkan kontainer pengangkut rajangan daun talas bening untuk diekspor ke Australia dari Kantor Kecamatan Kabuh. (foto: Elok APrianto/jatimnow.com)

jatimnow.com - Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab memberangkatkan ekspor perdana 7,5 ton rajangan daun talas bening menuju ke Australia. Ini merupakan ekspor perdana yang diberangkatkan dari Kantor Kecamatan Kabuh.

Dalam pemberangkatan daun talas bening berbentuk rajangan untuk bahan baku rokok itu, ia didampingi Forkopimda Jombang, Anggota DPRD, Kepala Bea Cukai Kediri dan Kepala OPD terkait.

Bupati mengatakan bahwa permintaan rajangan daun talas bening dari buyer Australia, sebanyak 700 ton per tahun. Sementara ekspor perdana yang dilakukan Kabupaten Jombang masih sebesar 7,5 ton (satu kontainer).

“Ekspor ini senilai Rp250.000.000. Apabila satu kontainer berisi 7,5 ton dan kebutuhan ekspor setahun sebanyak 700 ton bisa dipenuhi, maka nilai ekspor kita Rp23,33 miliar,” terangnya, Kamis (3/11/2022).

“Saya sangat mengapresiasi petani di Kecamatan Kabuh yang sudah membudidayakan talas, dan memiliki nilai ekonomis serta merupakan salah satu komoditas ekspor,” sambungnya.

Untuk itu, Bupati Mundjidah menyampaikan terima kasih lantaran ekspor perdana daun talas bening ke Australia ini sangat patut diapresiasi.

Baca juga:
Jombang Punya Taman Informasi, Mau Tahu Fungsinya?


“Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Jombang, saya sangat bangga dan mengapresiasi pelaksanaan pemberangkatan ekspor perdana rajangan daun talas dari Kabuh ke Australia,” paparnya.

Bupati berharap budi daya talas ini bisa dikembangkan di kecamatan lain. Pemkab Jombang bersedia mendukung dan mengajak masyarakat mulai mengembangkan budi daya talas.

“Saya juga meminta kepada dinas terkait untuk memfasilitasi masyarakat dalam pembudidayaan talas sampai proses pemasaran atau ekspor. Bila perlu dilakukan kerja sama dengan perusahaan-perusahan besar dan eksportir besar, agar dapat mendongkrak pendapatan dan kesejahteraan petani. Harapan kami agar perekonomian masyarakat Jombang bisa lebih baik, dalam upaya mendukung tercapainya visi bersama mewujudkan Jombang yang Berkarakter dan Berdaya Saing,” pungkas Bupati.

Baca juga:
Pemkab Jombang Terima Penghargaan WTP 9 Kali Berturut-turut

Seremonial pemberangkatan ekspor perdana daun talas oleh Dinas Pertanian Kabupaten Jombang ini juga dihadiri Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan.

Selai itu, perusahaan ekspor CV Exim Traders, Camat Kabuh dan jajaran Forkopimcam Kecamatan Kabuh; Kepala Desa seluruh Kecamatan Kabuh, kelompok tani (Poktan), Gapoktan petani pembudidaya talas di Kecamatan Kabuh dan penyuluh pertanian turut hadir.

Ekspor ini diharapkan dapat meningkatkan ketertarikan petani melakukan budi daya talas, guna meningkatkan pendapatan petani. (ADV)