Pixel Code jatimnow.com

Mas Dhito Buka Operasi Pasar Murah di Kediri Mulai Besok

Editor : Rochman Arief Reporter : Yanuar Dedy
Mas Dhito memantau pasar tradisional. (Foto : Humas Pemkab Kediri for jatimnow.com)
Mas Dhito memantau pasar tradisional. (Foto : Humas Pemkab Kediri for jatimnow.com)

jatimnow.com - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana berencana membuka operasi pasar khusus sembako murah di tujuh titik selama November 2022. Pasar murah ini akan dimulai besok atau Senin (7/11/2022).

Melalui Plt Kepala Dinas Perdagangan, Tutik Purwaningsih meyebutkan bahwa bupati yang akrab disapa Mas Dhito itu mengatakan operasi pasar ini dilakukan untuk menekan angka inflasi daerah.

Di samping itu, operasi pasar juga sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Kediri memenuhi kebutuhan pokok masyarakat, yang jauh dari akses distribusi pangan.

“Lokasi yang dipilih juga di wilayah yang banyak terdaftar sebagai penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH),” kata Tutik Purwaningsih, Minggu (6/11/2022).

Pihaknya menambahkan, dengan digelarnya operasi pasar ini dapat menjaga stabilitas harga di sekitar daerah, dan diharapkan mampu meningkatkan daya beli masyarakat.

Bahan pokok yang disediakan meliputi beras, telur, cabai, minyak goreng kemasan, hingga gula. Dalam operasi pasar ini, lanjut Tutik, Pemkab Kediri menyediakan kurang lebih 1.400 Kilogram beras yang terbagi di tujuh titik.

Baca juga:
Tingkatkan Pelayanan Kesehatan di Kediri, Mas Dhito: Cukup Bawa KTP ke RS

Sedangkan telur per titik disediakan 50 hingga 100 kg, bawang merah 70 sampai 100 kg, serta minyak goreng kemasan 500 liter.

“Paling banyak kita sediakan adalah beras, bawang merah dan minyak goreng,” tuturnya.

Sementara itu, di wilayah barat sungai, jadwal operasi pasar murah antara lain Desa Titik, Kecamatan Semen yang dilakukan 7 November adalah Desa Surat, Kecamatan Mojo pada 10 November, dan Desa Kedungsari Kecamatan Tarokan pada 14 November 2022.

Baca juga:
Mas Dhito Rencana Bangun Jalan Alternatif Menuju Air Terjun Dholo

Empat titik lain tersebar di timur Sungai Brantas di Desa Bedali, Kecamatan Ngancar yang dilaksanakan pada 17 November, Desa Asmorobangun, Kecamatan Puncu, pada 22 November, Desa Besowo Kecamatan Kepung pada 24 November serta Desa Mlancu, Kecamatan Kandangan pada 29 November 2022.

(ADV)