Pixel Code jatimnow.com

Renovasi Panggung di Alun-alun Ponorogo Rampung Akhir Tahun

Editor : Rochman Arief Reporter : Mita Kusuma
Panggung utama alun-alun Ponorogo direnovasi (Dwiyono for jatimnow)
Panggung utama alun-alun Ponorogo direnovasi (Dwiyono for jatimnow)

jatimnow.com - Kegiatan seni dan budaya di Kabupaten Ponorogo bakal lebih semarak pada tahun-tahun mendatang. Masalahya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo diperkirakan merampungkan renovasi panggung Desember mendatang.

Panggung tersebut berada di alun-alun dan memiliki ukuran yang lebih luas. Adapun renovasi panggung menelan biaya sekitar Rp200 juta yang dicomot dari corporate social responsibilty (CSR) bankjatim.

Berdasar pantauan di lokasi, pengerjaan renovasi telah dilakukan. Panggung sisi utara yang biasa digunakan pentas diperlebar. Mulai dari sisi timur hingga barat diperlebar. Bagian kanan dan kiri panggung ditambah space sekitar enam meter.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Ponorogo, Jamus Kunto Purnomo mengungkapkan bahwa revitalisasi dimulai awal November. Tahapan pekerjaan penggalian dan pondasi tengah berlangsung di lokasi.

“Panggung utama itu memang direvitalisasi, untuk penambahan luas dan mempercantik,” ujar Jamus, Minggu (6/11/2022).

Selain penambahan dimensi panggung utama, lanjutnya, anggaran tersebut untuk memoles bagian dinding belakang. Menurutnya, perbaikan atau renovasi diperkirakan selesai akhir tahun

Baca juga:
Viral Video Warga Bawa Keranda Jenazah Terjang Arus Sungai di Ponorogo

“Sesuai perencanaan, akhir Desember selesai,” ungkapnya.

Jamus menjelaskan renovasi adalah bagian dari tahapan face-off panggung utama. Rencananya, panggung utama bakal ditambahkan gedung penyimpanan alat dan ruang kesehatan di samping kanan-kiri panggung.

Selain itu, bakal dipasang atap panggung yang dapat dibuka dan ditutup menyesuaikan kebutuhan.

Baca juga:
Kakang Senduk 2022 Dinobatkan, Kang Giri: Nama Ponorogo Ada di Pundak Mereka

“Walaupun hujan jadi tetap bisa so must go on, maka dipasang atap. Ini rencana ke depannya,’’ pungkasnya.

Panggung kesenian yang diperkirakan rampung pada akhir tahun ini bakal memberi kegiatan seni budaya lebih menarik di Ponorogo. Sebut saja festival reog nasional maupun penampilan reog bulan purnama jauh lebih semarak.