Renovasi Rumah Bung Karno Ditargetkan Rampung Akhir Tahun 2018

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: CF Glorian

Istana Gebang, rumah masa kecil Bung Karno.

jatimnow.com - Istana Gebang merupakan rumah Presiden Soekarno semasa kecil. Tempat ini juga dijadikan sebagai salah satu objek wisata sejarah yang ada di Kota Blitar, tepatnya di Jln. Sultan Agung.

Pada tahun 2018, Pemkot Blitar menganggarkan sedikitnya satu setengah miliar rupiah untuk merenovasi sejumlah fasilitas yang ada di Istana Gebang.

"Anggaran itu bersumber pada DAK (Dana Alokasi Khusus). Kita targetkan akhir tahun (2018) sudah selesai," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Tri Iman, Rabu (01/08/2018).

Lanjut iman, pembangunan fasilitas yang dimaksud berupa palang untuk area parkir dan renovasi MCK. Untuk MCK, saat ini kondisinya masih jauh dari kata layak bagi sebuah lokasi wisata.

Selain itu, anggaran tersebut juga dialokasikan untuk revitalisasi gedung kesenian. Gedung kesenian berada di sebelah barat dari bangunan utama Istana Gebang.

"Tapi kalau Istana Gebang dan gedung kesenian itu masuk di cagar budaya, kita tidak bisa lakukan seluruhnya. Kita hanya bisa lakukan untuk yang bagian fasilitas umumnya saja," kata Iman.

Iman belum bisa menyebutkan secara pasti kapan proses pengerjaan fasilitas umum di Istana Gebang selesai dilakukan. Namun ia memastikan, akhir tahun sudah rampung.

"Bulan berapa belum tahu ya, tapi InsyaAllah akhir tahun lah, kira-kira sudah bisa digunakan, "pungkasnya.

Reporter: CF Glorian
Editor: Erwin Yohanes


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter