Pixel Code jatimnow.com

Ditilang Manual oleh Polisi di Kota Malang, Laporkan Saja ke Nomor ini!

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Galih Rakasiwi
Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto (foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)
Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto (foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)

jatimnow.com - Polresta Malang Kota meniadakan tilang manual dengan memaksimalkan ETLE Mobile dan mobil INCAR. Call center pengaduan juga telah disiapkan.

Hal itu disampaikan Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto, Senin (7/11/2022).

"Kita tiadakan tilang manual. Bila sampai ada anggota yang masih menilang masyarakat bisa melaporkannya ke call center," ujar Buher-sapaanya.

Dia memastikan bakal melindungi dan merahasiakan identitas masyarakat yang melaporkan hal tersebut. Lalu untuk anggota yang sampai terbukti, bakal mendapat sanksi.

"Anggota itu akan dimintai keterangan oleh provos soal regulasi dan petunjuk pelaksanaannya atau kemungkinan ada perintah langsung dari kasat. Bila tidak ada, kami akan memberi tindakan tegas kepada anggota tersebut," tegas Buher.

Warga yang ditilang manual oleh polisi di Kota Malang bisa melapor melalui nomor call center yaitu Whatsapp Simpati Makota di nomor 0811-127-2000, nomor 0812-1788-5848 atau nomor 0821-4379-5844.

Baca juga:
Kapolri Instruksikan Penerapan ETLE, Ini Tanggapan Politisi Golkar

Sementara Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Yoppi Anggi Khrisna memastikan tidak ada tilang manual di wilayahnya.

"Kami maksimalkan ETLE Mobile atau mobil INCAR," tegas Yoppi.

Menurutnya, Satlantas Polresta Malang Kota memiliki dua mobil INCAR yang patroli di seluruh ruas jalan di Kota Malang.

Baca juga:
ETLE Mobile Beroperasi di Jombang, Ratusan Pelanggar Lalin Tercatat Setiap Hari

"Jadi mobil INCAR sangat efektif menekan angka pelanggaran lalu lintas. Petugas hanya jalan dan kamera otomatis mendeteksi pelanggar lalu lintas. Setelah mendeteksi, kamera otomatis menyimpan gambar pelanggaran," bebernya.

Harapannya, masyarakat bisa mematuhi aturan-aturan serta mampu meningkatkan kedisiplinan berlalu lintas.

"Rencananya kita bakal patroli setiap hari. Masyarakat berkendara dengan aman dan selalu mematuhi aturan berlalu lintas," tandasnya.