Pixel Code jatimnow.com

Banyak Tiang di Jalur Disabilitas Pedestrian Urip Sumoharjo, Ini Kata LKSA

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Mita Kusuma
Jalur disabilitas di Pendestrian Jalan Urip Sumoharjo Ponorogo ada tiang (Mita Kusuma/jatimnow.com)
Jalur disabilitas di Pendestrian Jalan Urip Sumoharjo Ponorogo ada tiang (Mita Kusuma/jatimnow.com)

jatimnow.com - Jalur disabilitas di pendestrian Jalan Urip Sumoharjo Ponorogo memang belum selesai sepenuhnya. Beberapa tiang masih terlihat terpasang pada jalur disabilitas.

Bagian Pendidikan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Tunanetra Aisyah, Ita Yuli Kadarwati mengatakan, setelah melihat dengan ada nya tiang listrik d jalur disabilitas, itu memang membahayakan.

"Karena disabilitas atau tunatera itu berbeda-beda. Ada yang bisa merasa bahwa di depannya ada tiang. Ada juga yang tidak merasa," ujar Ita ketika ditemui di kantor LKSA Tunanetra Aisyah, Selasa (8/11/2022).

Alangkah lebih baik, kata dia, tiang bisa dipindah atau jalan disabilitas dibelokkan sesuai aturan yang ada. Atau bisa jugav dipinggirkan yang tidak ada tiangnya.

"Kalau dipindah kesulitan, ya bisa dipinggirkan," katanya.

Baca juga:
Pemkab Banyuwangi Luncurkan ULD Terintegrasi, Jawab Kebutuhan Disabilitas

Menurutnya, tiang di tengah itu membahayakan. Bahwa yang normal saja kadang tidak tahu jika ada tiang, tapi masih bisa berjalan minggir. Berbeda dengan anak-anak disabilitas yang tidak bisa minggir.

Dia berharap, kedepan usai pembangunan pedestrian tidak ada lagi yang menghalangi jalur disabilitas. Jangan sampai ada pedagang atau mobil atau motor yang parkir di pedestrian.

Baca juga:
Dua Pelukis Difabel Andalan Polda Jatim dalam Ajang Police Art Festival 2022

Sebelumnya, pantauan di lokasi, jalur disabilitas hampir selesai. Hanya saja ada tiang-tiang di jalur tersebut. Tidak hanya satu, tetapi ada beberapa tiang yang bisa membahayakan para difabel.

"Memang belum selesai, tiang nanti kita bakal pindah semuanya," ujar Kepala Dinas Pekerjaaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPKP) Ponorogo, Jamus Kunto Purnomo, Senin (7/11/2022).