Pixel Code jatimnow.com

Dispendukcapil Kota Batu Buru ODGJ, Apa Penyebabnya?

Editor : Rochman Arief Reporter : Galih Rakasiwi
Jemput bola yang dilakukan Dispendukcapil Kota Batu terhadap ODGJ dan lansia. (foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)
Jemput bola yang dilakukan Dispendukcapil Kota Batu terhadap ODGJ dan lansia. (foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)

jatimnow.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Batu akan tetap memperhatikan hak-hak orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Salah satu bentuk pelayanan adalah dengan memberi perekaman identitas untuk memiliki e-KTP.

Hal ini dibuktikan dengan upaya petugas mendatangi rumah ODGJ, sejak beberapa hari terakhir. Aksi jemput bola tersebut sebenarnya bukan hanya berfokus pada ODGJ saja namun juga kepada lansia dan penyandang disabilitas.

“Jadi, petugas akan mendatangi rumah lansia dan disabilitas. Karena rata-rata mereka belum melakukan perekaman KTP,” kata Kasi Identitas Penduduk Dispendukcapil Kota Batu, Toto Priantoro, Selasa (8/11/2022).

Saat perekaman KTP kepada para disabilitas hingga ODGJ selalu dilakukan dengan melibatkan keluarga ataupun perangkat desa.

“Perekaman KTP bagi ODGJ penting dilakukan, karena layanan administrasi kependudukan tersebut merupakan hak setiap warga negara,” lanjutnya.

Selain itu, ia juga tidak menampik banyak keluarga ODGJ dan lansia yang memiliki anggapan punya KTP itu tidak begitu penting. Padahal, lanjut Toto, memiliki KTP bukan sekadar identitas.

Baca juga:
Bangunan Sekolah di Kota Batu Rusak Akibat Tanah Gerak

“Kerap saya jelaskan, bahwa data nomor induk kependudukan (NIK) pada KTP sangat penting untuk keperluan berobat hingga bantuan sosial,” tegasnya.

Dari data Dinas Kesehatan Kota Batu, terdapat sekitar 181 ODGJ. Namun ia masih berupaya melakukan pendataan mengingat angka tersebut masih bisa bergerak.

“Sehingga ketika pemkot memiliki program yang bersentuhan dengan ODGJ, diharapkan bisa tepat sasaran, berdasarkan validitas data di Dispendukcapil,” ucapnya.

Baca juga:
Intip Cara DPUPR Kota Batu Peringati Hari Bakti ke-77

Sukamto salah satu keluarga ODGJ yang bertempat tinggal di Desa Giripurno bersyukur karena anggota keluarganya mendapat perhatian dari Pemerintah Kota Batu.

“Harapan kami ke depannya pelayanan terhadap ODGJ bisa semakin banyak, sehingga perhatian pemerintah terhadap seluruh masyarakat benar-benar merata,” tutupnya.