Pixel Code jatimnow.com

Peredaran Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal di Malang Digagalkan

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Galih Rakasiwi
Peredaran rokok ilegal digagalkan (Foto: Bea Cukai Tipe Madya Cukai Malang)
Peredaran rokok ilegal digagalkan (Foto: Bea Cukai Tipe Madya Cukai Malang)

jatimnow.com - Ratusan ribu batang rokok ilegal diamankan petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Cukai Malang, hasil Operasi Gempur Rokok Ilegal beberapa waktu lalu.

Kepala Kantor Bea Cukai Malang, Gunawan Tri Wibowo mengatakan, pengungkapan itu dilakukan saat timnya melakukan patroli secara rutin di wilayah Malang Raya.

"Pengungkapan ini merupakan hasil patroli darat yang secara rutin dilakukan di wilayah Malang Raya. Hasil pengungkapan ada sebanyak 139.400 batang rokok ilegal. Ratusan ribu batang rokok ilegal ini akan dikirim ke luar wilayah Malang Raya," ujar Gunawan, Selasa (8/11/2022).

Menurut Gunawan, pengungkapan berawal saat timnya melakukan penyisiran di wilayah Kota Malang dan kendaraan dicurigai membawa barang kena cukai hasil tembakau ilegal.

Baca juga:
Bea Cukai Kediri Bakar Arak Bali, Vape dan Rokok, Kenapa Sih?

"Kemudian tim melakukan pengejaran terhadap sarana pengangkut (kendaraan). Ketika diperiksa ditemukan barang kena cukai hasil tembakau jenis sigaret kretek mesin berbagai merek yang tidak dilekati pita cukai. Ada 6.970 bungkus rokok ilegal atau setara dengan 139.400 batang," bebernya.

Lalu petugas membawa pengemudi kendaraan dan rokok ilegal tersebut untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Diperkirakan, rokok ilegal itu senilai Rp83,6 juta.

Baca juga:
Satpol PP Ajak Masyarakat Antisipasi Peredaran Rokok Ilegal di Sampang

"Harapan kami dengan upaya aktif yang dilakukan bisa menekan peredaran rokok ilegal khususnya di wilayah Malang Raya. Saya juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membeli rokok ilegal yang berpotensi merugikan negara," tambah Gunawan.