Pixel Code jatimnow.com

Novita Hardini Dukung Germas untuk Tingkatkan Kesadaran Masyarakat

Editor : Arina Pramudita Reporter : Bramanta Pamungkas
Ketua TPPKK Trenggalek, Novita Hardini menyerahkan hadiah lomba inovasi desa terkait Germas. (Foto: Kominfo Trenggalek/jatimnow.com)
Ketua TPPKK Trenggalek, Novita Hardini menyerahkan hadiah lomba inovasi desa terkait Germas. (Foto: Kominfo Trenggalek/jatimnow.com)

jatimnow.com - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini, mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang dilakukan Dinas Kesehatan PPKB setempat.

Novita meyakini, dorongan terhadap Germas mampu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan. Ini disampaikannya saat menghadiri penyerahan hadiah lomba inovasi desa terkait Germas.

Menurut Novita, Germas dapat menambah semangat di setiap desa dan menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat atas kepentingan kesehatan dari hulu ke hilir. Hal paling mudah yang dilakukan dimulai dari lingkup keluarga sendiri.

"Mulai dari pola makan yang sehat, kemudian peduli akan kesehatan lingkungannya sehingga ada pemilihan pola asuh kepada keluarganya masing-masing," ujarnya, Rabu (9/11/2022).

Novita berharap, tahun depan gerakan serupa bisa lebih dioptimalkan. Tim Penggerak PKK siap membantu pemerintah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Trenggalek.

Baca juga:
Bupati Trenggalek Ajak Masyarakat Tanam Bambu untuk Kelestarian Alam

Ketua TP PKK Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini saat agenda Germas oleh Dinas Kesehatan PPKB.Ketua TP PKK Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini saat agenda Germas oleh Dinas Kesehatan PPKB.

"Ke depan tentunya kita akan lebih menggebrak lagi program-program yang irisannya dengan Tim Penggerak PKK. Bekerja sama dengan setiap desa, sehingga peran Tim Penggerak PKK secara optimal bisa membantu desa untuk meningkatkan indikator keluarga sehat di desanya masing-masing," urainya.

Sementara itu, Kabid PMBK Dinas Kesehatan PPKB, Esti Ayu Nusworini menerangkan, awal tahun 2022 mereka telah mendorong adanya Desa Siaga Aktif. Puskesmas diminta menunjuk kader desa dan memilih desa yang akan didampingi guna berperan aktif terhadap pola hidup sehat.

Baca juga:
Mengulik Buku Trenggalek is The Southern Paradise Karya Novita Hardini

Meskipun belum semua desa, namun dampak Desa Siaga sudah sangat terlihat. Indeks meningkat karena kesadaran masyarakat akan hidup sehat juga semakin meningkat.

"Kita yakin Desa Siaga yang aktif melaksanakan gerakan masyarakat hidup sehat akan bisa meningkatkan derajat hidup sehat di desanya lebih optimal," jelasnya.