Pixel Code jatimnow.com

UM Surabaya Buka Prodi Baru S1 Desain Komunikasi Visual

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Farizal Tito
Penyeraahan SK Kemendikbudristek tentang Izin Pembukaan Program Studi Desain Komunikasi Visual Program Sarjana UM Surabaya (Foto: Datul for jatimnow.com)
Penyeraahan SK Kemendikbudristek tentang Izin Pembukaan Program Studi Desain Komunikasi Visual Program Sarjana UM Surabaya (Foto: Datul for jatimnow.com)

jatimnow.com - Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya resmi membuka program studi (prodi) baru Desain Komunikasi Visual (DKV).

Kepala Lembaga Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (LIPMB) UM Surabaya, Radius Setiyawan menjelaskan, pembukaan oprodi baru ini ditandai dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nomor: 782/E/0/2022 tentang Izin Pembukaan Program Studi Desain Komunikasi Visual Program Sarjana UM Surabaya.

"Program Studi DKV dibuka karena melihat potensi internal di UM Surabaya dan peluang di masyarakat akan kebutuhan ahli desain dan kritikus visual. Tentunya hal tersebut didorong oleh kemajuan teknologi digital yang masif. Prodi DKV ini merupakan salah satu prodi yang bakal banyak diminati oleh khalayak muda," ujar Radius, Senin (14/11/22)

Menurutnya, Prodi DKV rencananya akan membuka penerimaan mahasiswa baru pada Tahun ajaran 2022/2023. Para mahasiswa jurusan ini akan menemukan mata kuliah yang beragam mulai dari seni rupa, fotografi, videografi, ilmu periklanan, komunikasi visual hingga analisis wacana kritis.

Dia menyebut, di zaman yang serba digital, prospek karier lulusan DKV memiliki peluang kerja yang luas, terutama pada industri kreatif. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya pencarian seseorang yang memiliki keahlian seperti kurator seni, sutradara, editor film, animator, fotografer, copywriting, periklanan, konsultan branding hingga freelance designer.

Baca juga:
Cerita 4 Warga Kalteng Bersepeda Menuju Solo Hadiri Muktamar ke-48 Muhammadiyah

"Semakin tahun kebutuhan desainer visual untuk media sosial terus meningkat, selain memanfaatkan waktu kerja yang fleksibel pekerjaan seperti desainer freelance juga dihargai dengan gaji yang menjanjikan," terang Radius.

Sementara Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Ratno Abidin berharap prodi baru ini bisa menjadi warna baru dan memiliki dampak yang luar biasa bagi dunia pendidikan di Indonesia.

"Saya yakin lulusan DKV UM Surabaya akan mampu menghasilkan lulusan yang berintegritas, profesional, berwawasan desain dan mampu menghadapi problem dan tantangan industri desain di masa mendatang," tutur Ratno.

Baca juga:
Tiga Pemain Muda Persebaya Daftar Jadi Mahasiswa UM Surabaya, Ambil Prodi Apa?

Dia menyebut, prodi DKV UM Surabaya didukung dengan dosen yang memiliki kualifikasi yang memiliki keahlian khusus di bidang desain komunikasi visual.

"Selama proses pembelajaran, mahasiswa akan didukung dengan fasilitas seperti studio, laboratorium, Co working space, perpustakaan dan fasilitas beragam lainnya," tandas Ratno.