Pixel Code jatimnow.com

Kawanan Maling Satroni Dua Sekolah di Jombang

Editor : Rochman Arief Reporter : Elok Aprianto
ilutrasi pencurian
ilutrasi pencurian

jatimnow.com - Dua SD di Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang disatroni maling. Kali ini maling menyasar sekolahan di SDN Tebel 1 dan SDN Ngampungan Bareng.

Kepala SDN Tebel 1, Sutarsih membenarkan jika sekolah kategori kecil yang ia pimpin menjadi, sasaran maling.

“Kejadiannya tidak tahu kapan, tapi baru diketahui tadi pagi. Waktu itu penjaga sekolah sedang bersih-bersih,” katanya, Senin (14/11/2022).

Lebih lanjut, ia menjelaskan awal diketahuinya pencurian itu setelah penjaga sekolah mengetahui kondisi ruang guru sudah diacak-acak. Ia kaget saat membersihkan ruang guru sebelum jam sekolah dimulai.

“Buku di dalam ruangan ini seperti habis diobrak-abrik. Kondisi ruangan berantakan,” paparnya.

Mengetahui hal itu, sambung Sutarsih, penjaga sekolah melakukan pengecekan. Hasilnya beberapa barang elektronik di sekolah amblas digondol maling.

“Printer, tabung LPG yang tersimpan di ruang belakang, juga sejumlah peralatan pertukangan milik pekerja yang dititipkan di sekolah ikut amblas. Kebetulan sekolah sedang melakukan rehab ruangan,” lanjut Sutarsih.

Ia menyebut, kawanan maling ini masuk ke dalam ruang guru melalui jendela samping di dekat ruang masak. Di lokasi ini, terlihat kaca jendela telah bolong setelah diambil pencuri.

Baca juga:
Video: Budidaya Ulat Hongkong Beromzet Jutaan Rupiah

“Kacanya seperti diambil, kemudian ditaruh bawah. Pelaku terlihat seperti naik meja dan masuk ke dalam,” katanya.

Apesnya, sekolah setempat tidak memiliki kamera pengintai atau CCTV. Bisa dimaklumi bila sekolah tersebut tergolong kecil lantaran jumlah muridnya hanya 23 siswa.

“Nah, untuk kerugian kami perkirakan sekitar Rp3 juta lebih,” bebernya.

Ia mengaku jika peristiwa pencurian yang dialami sekolahnya sudah dilaporkan ke Polisi.

Baca juga:
Lahan Pertanian Rusak, Warga Jombang Keluhkan Pembangunan Peternakan Ayam

Sementara itu, koordinator wilayah kerja (wilker) Kecamatan Bareng, Slamet Abadi juga membenarkan peristiwa tersebut.

Bahkan, data yang ia terima, kejadian serupa juga sempat terjadi di SDN Ngampungan yang masih satu kecamatan. Namun, di SDN Ngampungan telah digagalkan.

“Tadi laporan ada di SDN Tebel 1 sama SDN Ngampungan, di sana (SDN Ngampungan) sudah sempat motong kabel CCTV, terus ketahuan penjaga. Malingnya kabur, jadi tidak ada barang yang dicuri," ucapnya.

Sementara itu, pihak Polsek setempat belum bisa memberikan keterangan, terkait aksi pencurian di dua SDN wilayah Kecamatan Bareng.