Pixel Code jatimnow.com

Mocopat Idol 2, Kolaborasi Kejari dan Disparta Kota Batu Wujudkan Kota Budaya

Editor : Rochman Arief Reporter : Galih Rakasiwi
Mocopat Idol ke depannya dijadikan agenda tahunan untuk mewujudkan Batu sebagai Kota Budaya. (foto: Galih Raka/jatimnow.com)
Mocopat Idol ke depannya dijadikan agenda tahunan untuk mewujudkan Batu sebagai Kota Budaya. (foto: Galih Raka/jatimnow.com)

jatimnow.com - Kejaksaan Negeri dan Dinas Pariwisata Kota Batu menggelar ajang budaya dengan titel Mocopat Idol 2. Kegiatan ini diberi nama Mocopat Idol, diharapkan bisa mewujudkan Kota Batu sebagai destinasi wisata berbasis budaya.

Kepala Kejari Kota Batu, Agus Rujito mengatakan bahwa mocopat merupakan sarana yang luar biasa bagi orang Jawa, untuk menyampaikan sebuah pesan. Adapun kegiatan ini dilaksanakan, Senin (14/11/2022).

“Mocopat memiliki makna yang tinggi bagi kehidupan. Sekaligus sebagai salah satu upaya mendukung terwujudnya destinasi pariwisata berbasis budaya di Kota Batu,” katanya.

Harapannya, agenda ini untuk menyemarakkan HUT ke-21 Kota Batu sekaligus menjadi kegiatan tahunan.

Selain itu, Mocopat Idol diharapkan bisa menggali potensi para pelajar, serta mewadahi penggiat seni yang berkutat dengan dunia mocopat. Ke depannya bisa melahirkan seniman-seniman hebat di Kota Batu.

“Pada prinsipnya kami sangat mendukung demi mempertahankan nilai budaya Jawa, karena memiliki banyak nilai luhur bagi kita semua,” ungkapnya.

Baca juga:
Bangunan Sekolah di Kota Batu Rusak Akibat Tanah Gerak

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Arief As Siddiq mengatakan jika pihaknya berkomitmen mewujudkan destinasi pariwisata berbasis budaya di Kota Batu.

“Potensi ini akan kita kembangkan, impian kita bisa jadi program andalan dalam rangka membangun Kota Batu yang berbudi luhur dan wisata budaya Kota Batu yang mendunia,” jelas Arief.

Pada bulan Desember mendatang, pihaknya akan berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan serta seniman mocopat Kota Batu untuk memecahkan rekor MURI, yaitu nembang seni mocopat selama 48 jam.

Baca juga:
Intip Cara DPUPR Kota Batu Peringati Hari Bakti ke-77

“Ini inisiasi Bapak Kajari Batu. Nanti seniman dan pelajar akan membacakannya secara bergantian. Kami memerkirakan ada 200 orang yang akan dilibatkan, sekaligus menyukseskan acara tersebut,” ujarnya.

Perlu diketahui dalam Mocopat Idol 2 ini diikuti total 62 peserta, yang terdiri atas 45 pelajar jenjang SD-SMA, sisanya peserta umum atau usianya di atas 17 tahun.

“Karena antusias yang cukup bagus, dan peserta cukup banyak, ke depan panitia akan membagi kategori lomba sesuai jenjang pendidikan. Misalnya kategori SD, SMP, dan seterusnya,” tutupnya.